Waktu yang tepat untuk menikah

December 30, 2016

Kapan waktu yang tepat untuk menikah?

Waktu yang tepat untuk menikah

Banyak orang sering bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk menikah. Usia berapa sebenarnya yang paling tepat untuk menikah? Apakah usia 23 untuk wanita dan usia 28 untuk laki-laki adalah usia yang tepat untuk menikah?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, saya akan mengajak kamu untuk berfikir kenapa banyak sekali pernikahan yang mengalami perceraian atau perpisahan? Hal ini terjadi karena banyak orang yang membuat kesalahan pada saat diawal sebelum menikah. Kebanyakan orang hanya berpatokan pada usia untuk menentukan waktu yang tepat untuk menikah. Kita juga tidak seharusnya menikah karena ikut-ikutan atau merasa minder karena teman-teman yang lain sudah menikah. Desakan dari orang tua, keluarga dan lingkungan juga sering menjadi alasan untuk segera menikah. Alasan-alasan tersebut tidak tepat untuk dijadikan alasan untuk menikah.

Apakah yang harus dilakukan sebelum menikah?

  1. Memahami diri sendiri. Kamu bisa mempelajari tentang dirimu, tentang apa yang kamu sukai dan apa yang tidak kamu sukai. Kamu juga harus memahami kebutuhan, keinginan dan impianmu.
  2. Memperbaiki kualitas diri. Bukan berarti kamu rusak sehingga perlu diperbaiki, namun dengan mengetahui tentang dirimu, otomatis kamu bisa mengenali kelebihan dan kekurangan kamu. Saat menunggu pasangan hidup inilah kamu bisa memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada diri kamu.
  3. Menulis kriteria calon pasangan. Setelah kamu memahami tentang dirimu, kamu dapat menuliskan kriteria pasangan hidup yang kamu inginkan. Tentu saja, kriteria ini harus sesuai dengan dirimu.

Setelah kamu memahami dirimu sendiri dan memperbaiki kualitas dirimu, kamu bisa menentukan kriteria pasangan hidup yang sesuai. Dengan cara ini, kamu juga akan lebih mudah untuk mengenali orang yang tepat untuk kamu nikahi. Usia berapapun tidak menjadi masalah, asalkan kamu sudah menemukan orang yang tepat.

Kapan waktu yang tepat untuk menikah
      Photo : Dwi Sari / Nining

Dalam penantian dan usaha, kamu juga harus berfikiran positif. Hal ini seperti yang dialami oleh seorang blogger dari Malang, Dwi Sari. Wanita yang akrab dipanggil Nining, saat ini telah menikah selama 3 tahun dengan suaminya. Nining bersedia berbagi cerita cintanya, ketika dia mulai meningkatkan kualitas dirinya dan selalu positive thinking, dia menemukan pendamping hidupnya. Nining juga suka menulis review tentang film-film romantis. Salah satunya adalah review film The Vow. Setelah membaca review film ini, saya juga nonton filmnya. Film The Vow dibuat dari kisah nyata. Film yang sangat bagus untuk inspirasi tentang bagaimana memaknai sebuah janji pernikahan.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Saya membangun blog & bisnis online agar saya dapat memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.
Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!