University of Tampere Finlandia

April 3, 2017

Beberapa hari yang lalu suami saya mengajak saya ke Universty of Tampere Finlandia. Di kampus ini suami saya mendapatkan gelar S1/Bachelor degree dan saat ini sedang menyelesaikan program S2/Master degree. University of Tampere Finlandia adalah universitas yang terbesar di Tampere, Finlandia.

Yuk saya ajak jalan-jalan di sekitar kampus, sekaligus mengenal culture negara Finlandia di bidang pendidikan. Saya sih cukup terkesima dengan program-program pendidikan di Finlandia.

Berikut adalah foto-foto di area depan kampus. Tulisan Yliopisto Tampereen adalah bahasa Finlandia yang artinya Universitas Tampere. Ketika masuk di bagian depan, terdapat front desk disertai screen monitor yang bertuliskan Tervetuloa, yang artinya Welcome/Selamat Datang!

University of Tampere Finlandia

Gedung University of Tampere Finlandia

Gedung kampus ini dibagi menjadi beberapa bagian. Terdapat gedung baru dan gedung lama. Bagi saya, tidak banyak perbedaan sih, karena gedung baru dan gedung lama sama-sama bersihnya.

Beberapa foto dibawah ini adalah area di depan gedung lama dan gedung baru. Terdapat lorong penghubung dari satu kampus ke kampus yang lain. Lorong ini tertutup rapat dengan kaca sehingga mahasiswa tidak perlu kedinginan ketika perlu pergi ke area kampus lain.

Hall utama kampus ini sangat luas. Tempat berlalu lalangnya mahasiswa yang akan pergi menuju ke kelas masing-masing. Di bagian samping hall ini terdapat tempat menggantungkan jaket. Di depan tempat penitipan jaket terdapat bangku panjang dari kayu, dimana mahasiswa biasanya duduk-duduk sambil memegang hp nya.

University of Tampere Finlandia

Bagian dalam University of Tampere Finlandia

Nah sekarang kita jalan-jalan di bagian dalam kampus ini. Ada ruang khusus untuk membaca dan ada ruang komputer. Foto sebelah kanan adalah lorong yang terdapat beberapa ruang kelas dan ruang pertemuan. Semua ruangan terlihat kinclongkan? 😀

University of Tampere Finlandia

Selain menggunakan tangga, kampus ini juga dilengkapi dengan eskalator. Saya sempat mengintip di beberapa ruang kelas kampus ini. Terdapat kelas-kelas kecil dan juga kelas dengan ruangan yang besar/auditorium. Biasanya sih dipakai untuk seminar. Auditorium di foto ini termasuk yang paling kecil.

University of Tampere Finlandia

Kampus ini juga dilengkapi kantin. Kantin dibuka mulai pukul 11 siang hingga jam 6 sore. Harga lunch buffet untuk mahasiswa sekitar 2,60 euro, untuk guru 5,9 euro dan untuk umum 7,55 euro. Hidangan pilihannya yaitu nasi, mie, salad, sayuran dan lauk pauk. Tersedia juga vegetarian menu. Biasanya mahasiswa makan dua kali sehari disini karena harga paket makan siangnya murah banget.

Selain itu ada perpustakaan dan cafe didepan perpustakaan. Membuat mahasiswa jadi betah untuk membaca buku. Buku-buku disini dipinjamkan gratis kepada mahasiswa dengan menunjukkan kartu mahasiswa yang masih berlaku.

University of Tampere Finland

Kuliah di University of Tampere Finlandia

Setelah jalan-jalan di kampus University of Tampere Finlandia saya jadi kepincut untuk melanjutkan studi program Master degree disini. Untuk warga Finlandia, negara-negara European Union  dan juga bagi orang yang memiliki hubungan keluarga dengan warga Finlandia misal suami atau istri hanya membayar 116 euro pertahun. Murah kan? 😀

Finlandia menerapkan education equality dimana setiap orang, tidak perduli kaya atau miskin memiliki hak untuk belajar. Karena itu tuitition fee nya sangat murah. Jika kamu ingin kuliah gratis di Finlandia, kamu harus mencari program beasiswa dari negara asal. Tanpa beasiswa, kamu harus membayar full.

Disini juga terdapat apartement untuk mahasiswa, harga paling murah sekitar 300 euro. Satu apartemen diisi 3 kamar dan satu dapur. Namun untuk mencari apartemen disini membutuhkan waktu yang cukup lama karena tidak banyak tersedia.

Beberapa fakultas menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar, namun kebanyakan menggunakan bahasa Finlandia. Untuk mencari pekerjaan di area Tampere juga tidak begitu mudah karena bahasa yang digunakan sehari-hari untuk berkomunikasi disini adalah bahasa Finlandia. Untuk mendapatkan informasi tentang University of Tampere ada di www.uta.fi

Esther Ariesta-Rantanen

Hello, I am Esther! An Indonesian woman who married a Finnish man and lives in Finland. I am a vegetarian and blogger. I have a Bachelor's degree in education and I am a certified trainer. In addition to helping people through blog posts, I also share some of my personal life here.
Esther Ariesta-Rantanen

  • waaah ini kampus mba iparku jugaa :D.. dia ambil master nya di sana. Kebetulan waktu itu mertuaku masih diplomat di Finland mba, jadi mba iparku sekalian aja kuliah di sana.

    aku sendiri blm pernah ke finland, padahl kalo denger suami cerita yaaa, pengeeen banget.. suatu hari pokoknya hrs bisa kesana :D.. apalagi mertua maksa mulu, mumpung temen2 diplomatnya masih banyak yg aktif di sana, kan lumayan ada yg nunjukin jalan :D…

    • Esther

      Kalau kesini bisa ketemuan mbak Fanny 🙂

  • Mau ke Finland juga

    T_T

    • Esther

      Yuk mbak kemari 😀

error: The content is protected !!