Tips personal branding untuk blogger

March 19, 2017

Personal branding untuk blogger sangat penting jika kamu ingin membangun reputasi. Apalagi jika kamu juga ingin mendapatkan income dari blogging.

Memulai personal branding sebagai blogger bukanlah hal yang sulit. Berikut beberapa tips personal branding untuk blogger.

  1. Identitas blog. Tentukan nama domain untuk blog kamu. Nama domain harus mudah di ingat serta sesuai dengan topik blog. Jika ingin menggunakan nama kamu sendiri, lebih baik menggunakan nama asli. Nama domain juga harus sesuai dengan nama semua akun di media sosial kamu, supaya mudah dikenali pembaca.
  2. Topik. Pilih topik blog kamu. Tentukan apakah kamu akan menulis tentang cooking, parenting, blogging, teknologi, keuangan, asmara atau politik. Memiliki lebih dari satu topik memang boleh-boleh saja. Namun jika terlalu banyak topik dalam satu blog akan membuat kamu kehilangan identitas khusus untuk membangun brand.
  3. Visual. Konsisten dalam memilih warna dan featured image untuk blog. Setiap kali kamu posting di media sosial atau di blog post menggunakan gambar atau foto orang, sesuaikan dengan warna layout di blog. Bila perlu, tambahkan watermark.

Salah satu teman blogger saya, Rahayu Pawitri telah menerapkan ketiga tips diatas di blog pribadinya. Rahayu adalah seorang content writer dan blogger. Topik blognya tentang parenting dan keuangan. Selain itu dia juga menulis review produk, jasa dan film.

Awalnya, Rahayu juga menghadapi permasalahan tentang personal branding. Blog utamanya tidak sesuai dengan nama aslinya. Sehingga namanya tidak muncul di mesin pencari. Rahayu sadar akan hal itu, sehingga dia membuat blog baru dengan namanya. Semua akun media sosialnya juga menggunakan nama asli sesuai domain blog.

 

Layout blog milik Rahayu juga sangat simpel. Menggunakan warna background putih membuat blognya sangat mudah untuk ditelusuri.

Di salah satu artikelnya, Rahayu juga memberikan tips dalam memilih featured image untuk blog. Sebaiknya tidak menggunakan foto orang tanpa lisensi, karena orang lain bisa saja menggunakan foto tersebut untuk topik lain di blognya.

Jika kamu ingin terlihat lebih profesional, kamu bisa menggunakan gambar dan foto-foto pribadi  sebagai featured image di blog kamu.

Tiga point diatas adalah hal yang paling penting untuk membangun reputasi sebagai blogger. Siapkah kamu berinvestasi untuk personal branding sebagai blogger?

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Saya membangun blog & bisnis online agar saya dapat memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.
Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!