Tips jomblo bahagia

January 10, 2017

Berbagi tips jomblo bahagia

Tips jomblo bahagia

Mungkinkah seorang jomblo bisa bahagia? Jomblo memang sering diidentikkan dengan rasa kesepian, sedih dan tidak bahagia. Seperti yang diungkapkan salah satu blogger, Ria Tumimomor dalam artikelnya “Penelitian tentang para lajang“. Ria sendiri saat ini masih betah melajang. Di usianya saat ini, Ria juga menuturkan bahwa dia sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tentang kejombloannya. Kebanyakan dari teman-temannya mempertanyakan alasan kenapa sampai sekarang Ria masih sendiri. Bagi Ria sendiri, dia merasa bahagia dengan kesendiriannya. Ria dapat mencurahkan sebagian besar waktunya untuk merawat orang tuanya. Ria adalah salah satu contoh nyata bahwa jomblo bisa bahagia.

Arti dari kebahagiaan memang berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, jika kita tidak bahagia ketika kita masih jomblo, maka sulit bagi kita untuk bisa bahagia ketika mempunyai hubungan spesial dengan seseorang. Kebahagiaan adalah tanggung jawab diri kita masing-masing, bukan hadiah dari pacar atau suami.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi jomblo bahagia, berikut adalah beberapa tips jomblo bahagia.

Tips jomblo bahagia:

  1. Do things you love. Saat masih jomblo, kamu memiliki banyak waktu luang untuk melakukan apa saja yang kamu sukai termasuk hobi kamu. Kebebasan waktu ini tidak selalu dimiliki oleh seseorang yang memiliki pasangan. Sering sekali susah mengatur waktu untuk bisa melakukan hobi kita karena harus meluangkan waktu untuk kekasih/suami.
  2. Explore the world. Inilah saatnya kamu pergi ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi. Tidak harus keluar negeri, kalau dana belum mencukupi atau karena belum ada waktu. Kamu bisa pergi ke tempat-tempat yang menarik di kotamu. Luangkan waktu seminggu sekali untuk pergi ke tempat-tempat yang kamu belum pernah kunjungi.
  3. Berikan lebih banyak waktu untuk keluarga dan teman. Saat kita punya pasangan baik itu kekasih atau suami, kita tidak punya banyak waktu untuk keluarga dan teman. Lain halnya ketika kita masih jomblo. Karena itu berikan lebih banyak waktu untuk orang tua, keluarga dan teman-teman.

Pencarian pasangan hidup hanya salah satu fase kehidupan. Pada masa-masa ini tidak seharusnya membuat kamu hidup tanpa kebahagiaan. Justru sebaliknya, jadikanlah masa-masa jomblo menjadi masa-masa dimana kamu bisa menciptakan kebahagiaanmu sendiri. Sehingga ketika kamu memulai satu hubungan dengan seseorang yang kamu cintai, ada satu hal yang bisa kamu bagikan, yaitu kebahagiaan itu sendiri. Hubungan pacaran atau pernikahan yang bahagia hanya bisa dibangun oleh dua orang yang sama-sama bahagia.

Esther Ariesta-Rantanen

Hello, I am Esther! An Indonesian woman who married a Finnish man and lives in Finland. I am a vegetarian and blogger. I have a Bachelor's degree in education and I am a certified trainer. In addition to helping people through blog posts, I also share some of my personal life here.
Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!