Sanna Marin lahir di keluarga yang sederhana dan biasa-biasa saja. Sewaktu dia masih sangat muda, dia sudah mengalami banyak sekali masalah dalam hidupnya dan keluarganya.

Keluarganya sering menghadapi masalah keuangan, ayahnya yang kecanduan alkohol, dan kedua orang tuanya yang memutuskan untuk berpisah. 

Setelah berpisah, ibunya membesarkan Marin bersama dengan pasangan barunya.

Namun, Marin tidak berputus asa. Dia tetap mengutamakan pendidikannya. Dia bersemangat untuk sekolah dan kuliah hingga tingkat Master di Universitas Tampere.

Baca juga: Rahasia Kesuksesan Pendidikan di Finlandia

Marin adalah orang pertama di keluarganya yang melanjutkan studi hingga di bangku kuliah. Untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran yang diperlukan selama kuliah, dia bekerja sebagai kasir di sebuah toko.

Orang dewasa yang terluka di masa kecil bisa menunjukkan kekuatan yang khas, kebijaksanaan yang diperoleh dari dalam hati, kreativitas dan wawasan yang luar biasa. Jauh di dalam diri mereka – tepat di bawah luka batin – terletak kekuatan spiritual yang mendalam, pengetahuan,  ketenangan, dan pemahaman apa yang indah, baik, dan benar.

Wayne Muller

Marin mulai aktif di dunia politik setelah dia lulus Sekolah Menengah Atas. Perjalanan karir politiknya tidak selalu mulus. Dia pernah gagal dalam kampanye untuk menduduki kursi di Dewan Kota. Beberapa tahun kemudian, dia mencoba lagi bertarung dalam sebuah kampanye dan berhasil mendapatkan sebuah kursi. Selang beberapa bulan kemudian, dia sudah menjabat sebagai Ketua Dewan Kota Tampere.

Pada  tahun 2019, Sanna Marin menjabat sebagai Menteri Transportasi dan Komunikasi, tetapi karena adanya polemik di kancah politik nasional, hal itu membuat Sanna Marin seperti “ketiban sampur” dan dinobatkan sebagai Perdana Menteri Finlandia periode tahun 2020-2023.

Keputusan parlemen yang mengesahkan Sanna Marin sebagai Perdana Menteri Finlandia pada saat dia baru berusia 34, membuat Marin menjadi kepala negara termuda (nomor dua) di dunia dan yang pertama di Finlandia.

Kesuksesan Marin tidak lepas dari kegigihannya untuk mengutamakan pendidikan. Latar belakang keluarganya yang penuh dengan masalah tidak membuatnya mundur, tetapi malah membuatnya terpacu untuk membuat perubahan yang lebih baik pada dirinya sendiri, negara, dan dunia.

Biodata Sanna Marin

Nama lengkap: Sanna Mirella Marin

Tempat, dan tanggal lahir: Helsinki, 16 November 1985

Pasangan: Markus Räikkönen

Anak: Emma

Tempat tinggal: Helsinki dan Tampere

Partai politik: Partai Demokrat Sosial, SDP

Referensi: 

Sanna Marin Wikipedia

SannaMarin.net

Foto: Jukka-Pekka Flander

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

error: The content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This