Sebenarnya apa sih rahasia kesuksesan Pendidikan di Finlandia? Sudah tidak asing lagi kalau mendengar tentang kualitas pendidikan di Finlandia. Menurut laporan dari World Economic Forum, Finlandia menempati peringkat pertama dalam hal kualitas pendidikan.

Sebagai orang Indonesia yang tinggal di Finlandia, aku sering bertanya-tanya, apa yang membuat Finlandia bisa menjadi pionir di bidang pendidikan.

Setelah tinggal di Finlandia beberapa tahun, aku mengamati pendidikan dan budaya di Finlandia. Menurutku, lima hal inilah yang mempunyai andil besar dalam mewujudkan kualitas pendidikan di Finlandia.

Kesadaran

Masyarakat Finlandia umumnya menyadari pentingnya pendidikan. Pendidikan menjadi pondasi dalam kehidupan bernegara. Hal ini didukung dengan ditanamkannya jiwa nasionalisme. Sehingga dikeluarkan kebijakan bahwa setiap penduduk tanpa melihat perbedaan, bisa mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Orang Finlandia tidak hanya memikirkan kepentingan pribadi atau keluarganya sendiri, tetapi memikirkan kesejahteraan orang lain dan masyarakat secara keseluruhan. 

Pendidikan Tanpa Biaya

Supaya semua orang tanpa pengecualian bisa belajar di sekolah dan kampus yang sama, pemerintah berinvestasi di sektor pendidikan. Investasi tersebut digunakan untuk pengembangan riset yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Serta dapat memberikan pendidikan tanpa biaya kepada masyarakat.

Tidak hanya itu, pelajar juga bisa mendapatkan jaminan sosial berupa dana bantuan selama belajar. Makan siang dan transportasi juga disediakan. 

Guru Profesional

Pendidikan tanpa biaya inilah yang bisa menciptakan guru-guru profesional. Setiap orang yang ingin menjadi guru bisa masuk di pendidikan guru dan kuliah hingga tingkat master tanpa khawatir masalah biaya. Hanya saja, masuk ke fakultas pendidikan tidak mudah. Ada seleksi berupa tes dan wawancara. Fakultas pendidikan di Finlandia sangat diminati, sehingga banyak yang mendaftar, tapi yang bisa masuk hanya sedikit, seleksinya cukup ketat.

Profesi guru di Finlandia merupakan profesi yang sangat diminati dan dihormati. Guru yang mengajar wajib menempuh pendidikan khusus guru. Untuk guru taman kanak-kanak harus lulus S1 Pendidikan Taman Kanak-Kanak (BA), sedangkan untuk guru kelas di sekolah dasar dan sekolah menengah harus lulus S2 fakultas pendidikan.

Karena guru-guru di Finlandia berpendidikan tinggi, mereka dipercaya dan diberikan kebebasan dalam mengajar. Umumnya, guru-guru di Finlandia sangat bertanggung jawab dan berkomitmen pada profesinya. Di sini juga lebih mementingkan kolaborasi bukan kompetisi, serta fokus pada individu murid-murid yang diajar. Selain itu, orang tua berperan serta dalam hal pendidikan anak.

Masyarakat Homogen

Di Finlandia tidak terdapat banyak perbedaan suku, sehingga bisa disebut sebagai masyarakat homogen. Karakteristik orang Finlandia umumnya sama. Jumlah penduduk di Finlandia juga sedikit, kalau dibandingkan dengan jumlah penduduk di Indonesia.

Baca juga : Suka Duka Tinggal di Finlandia

Sepertinya lebih mudah mengatur masyarakat homogen daripada masyarakat majemuk seperti di Indonesia. Mengatur penduduk dengan jumlah yang sedikit juga lebih mudah daripada mengatur penduduk dalam jumlah yang lebih besar.

Jaminan Sosial

Kesuksesan pendidikan di Finlandia juga tidak lepas dari jaminan sosial yang diberikan kepada setiap penduduk. 

Anak-anak muda yang ingin menjadi guru dan harus menempuh kuliah S1 dan S2 tidak perlu terlalu khawatir dengan masalah keuangan, karena mereka bisa menempuh pendidikan tanpa biaya dan mendapatkan bantuan finansial jika diperlukan.

Begitu juga orang tua murid dan murid, jika kesulitan masalah keuangan, pemerintah siap untuk membantu. 

Menurut pengalamanku sendiri, ketika aku kesulitan dalam hal keuangan, sulit sekali untuk bisa berpikir kritis atau konsentrasi pada suatu hal. 

Masyarakat Finlandia tidak perlu khawatir masalah keuangan, sehingga bisa fokus belajar dengan sungguh-sungguh.

Tentu saja ada aspek lainnya yang membuat pendidikan di Finlandia sukses seperti sekarang. Namun, lima hal yang aku jabarkan ini pengaruhnya sangat besar dalam menyumbangkan kualitas pendidikan di Finlandia.

Bagaimana menurut kamu, apakah Indonesia bisa meraih kualitas pendidikan yang sama baiknya dengan Finlandia tanpa menyertakan lima hal ini?

Foto: Elina Manninen/Photo Agency Keksi/Finland Promotion Board

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

error: The content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This