Helsinki adalah ibu kota negara Finlandia yang berada di bagian selatan. Menurut saya, Helsinki adalah kota yang sangat cantik dan wajib dikunjungi. Banyak sekali tempat wisata yang menarik disini. Sepertinya tidak akan bisa dikunjungi dalam sehari karena terlalu banyak. Kali ini saya ajak untuk melihat Pulau Suomenlinna sebuah tempat wisata yang wajib dikunjungi di Helsinki Finlandia.

Pulau Suomenlinna

Suomenlinna adalah benteng maritim yang masuk dalam wilayah kota Helsinki. Suomenlinna dibangun pada tahun 1748 pada waktu Finlandia masih dikuasai oleh Swedia. Awalnya Suomenlinna dikenal dengan nama Sveaborg atau Viapori.

Sveaborg Atau Viapori

Viapori digunakan Swedia untuk benteng pertahanan selama 60 tahun, sampai pada tahun 1808 Viapori dikepung oleh tentara Rusia dalam perang Swedia-Rusia yang akhirnya Viapori jatuh di tangan Rusia. Pada tahun 1917 Finlandia merdeka dari penjajahan Rusia, kemudian Viapori diambil alih oleh pemerintah Finlandia dan nama Viapori diganti menjadi Suomenlinna yang artinya Benteng Finlandia.

Karena Suomenlinna adalah warisan masa lalu dan memiliki nilai sejarah, Suomenlinna masuk sebagai daftar warisan dunia (UNESO World Heritage).

Pulau Suomenlinna

Naik Kapal Ferry Ke Pulau Suomenlinna

Untuk sampai di Suomenlinna hanya bisa naik kapal Ferry dari Market Square di Helsinki. Perjalanan hanya sekitar 15-20 menit. Saat naik kapal Ferry, kamu bisa duduk di dalam ruangan atau duduk di luar kapal sambil menikmati pemandangan. Pada waktu saya kesana angin sangat kencang tapi saya tetap berdiri di luar kapal karena lebih asyik sih.

Harga tiket kapal Ferry sudah termasuk di Day Ticket untuk 2 hari harganya 13,50 euro. Untuk tiket ke Suomenlinna dengan harga 5 euro hanya berlaku selama 12 jam. Tiket bisa dibeli di service point atau di R Kioski yang ada di stasiun kereta api Helsinki.

Di pulau Suomenlinna terdapat 6 museum. Saya hanya masuk di 3 museum saja, yaitu di museum Suomenlinna, museum kapal selam Vesikko dan museum Militer Manege.

Di museum Suomenlinna terdapat informasi mengenai pulau Suomenlinna dan benda-benda peninggalan yang ditemukan di pulau ini. Di museum ini juga terdapat film tentang pulau Suomenlinna yang bisa ditonton dengan mendengarkan headphone karena diterjemahkan ke dalam 9 bahasa diantaranya bahasa Inggris.

Museum kapal selam Vesikko adalah salah satu museum yang paling sering dikunjungi. Karena kapal selam Vesikko digunakan pada saat perang dunia kedua.

Seperti namanya, museum Militer Manege menceritakan tentang perang yang pernah terjadi di Finlandia: Perang Sipil tahun 1918, Perang Musim Dingin tahun 1939-1940, Perang Lanjutan tahun 1041-1944 dan Perang Lapland tahun 1944-1945.

Pulau Suomenlinna
Pulau Suomenlinna
Pulau Suomenlinna

Ketika lelah dan lapar setelah berjalan mengelilingi pulau ini, saya sempatkan untuk minum teh di sebuah kafe yang bangunannya sudah tua tapi cantik. Betah deh berlama-lama di Suomenlinna karena selain tempat wisata ini bersejarah juga tempat yang tepat untuk jalan-jalan santai sambil menikmati pemandangan.

Pulau Suomenlinna
Pulau Suomenlinna
Pulau Suomenlinna
Pulau Suomenlinna
Pulau Suomenlinna

Tips jika kamu mau pergi ke pulau Suomenlinna:

1. Pergi ke Suomenlinna lebih baik pada waktu musim panas, tetapi jika kamu ingin punya pengalaman naik kapal Ferry di tengah laut yang berlapis salju, kamu bisa pergi kesana saat musim dingin.

2. Pakai sepatu yang nyaman dipakai ya + kaos kaki karena di pulau Suomenlinna kamu harus berjalan jauh mengelilingi pulau ini.

3. Pakai jaket juga karena bisa saja anginnya sangat kencang disini.

4. Untuk waktu berkunjung ke Suomenlinna lebih baik dari pagi sampai sore hari karena banyak sekali museum dan tempat-tempat lain yang bisa dikunjungi.

5. Jangan lupa untuk ambil peta yang disediakan di depan kafe paling depan saat kamu baru datang dan turun dari kapal Ferry. Peta ini berfungsi untuk mencari museum atau kafe yang ingin kamu kunjungi di Suomenlinna.

Sekian cerita dan tips tentang pulau Suomenlinna tempat wisata yang wajib dikunjungi di Helsinki Finlandia. Apakah kamu ingin mengunjungi pulau Suomenlinna di Helsinki Finlandia? Share di kolom komentar ya.

Selain itu jika artikel ini bermanfaat please share ke teman-teman kamu because sharing is caring.