Pilih Blogspot atau WordPress?

March 26, 2017

Apa yang akan kamu jawab jika kamu ditanya, pilih Blogspot atau WordPress? Keduanya adalah platform blog yang paling banyak dipakai untuk ngeblog. Bagi kamu yang akan mengawali ngeblog pasti bingung untuk memilih diantara keduanya.

Pada awal saya ngeblog, saya memilih menggunakan Blogspot. Karena sangat mudah digunakan. Selain itu dilengkapi dengan berbagai widget yang tinggal klik dan simpan.

Blogspot juga langsung terkoneksi dengan Google+, selain itu kamu juga bisa mengajukan untuk Google Adsense. Dimana kamu bisa memasang iklan di blog kamu untuk menghasilkan uang dari iklan yang di klik oleh pengunjung blog.

Template Blogspot juga banyak pilihan. Kamu dapat merubah warna-warni dan features yang tersedia dengan sangat mudah. Namun, saya sendiri kurang suka dengan pilihan-pilihan template di Blogspot.

Setelah sekian lama menggunakan Blogspot, akhirnya saya belajar menggunakan WordPress. Alasannya, karena saya suka pilihan template WordPress terkesan elegant dan menarik.

Namun penggunaan WordPress tidak semudah Blogspot. Jika kamu mau mengganti widget atau menambah aplikasi di blog, kamu harus cari-cari dulu di direktori plugin lalu install dan aktifkan. Lebih ribet rasanya.

Pada awalnya saya menggunakan WordPress gratisan dari WordPress.com kemudian ketika saya sudah menguasai WordPress, saya pindah ke WordPress.org dimana saya harus punya domain dan hosting sendiri.

WordPress.com juga menyediakan banyak sekali template gratisan yang berragam. Namun, fungsi-fungsi di dalam template tersebut biasanya terbatas. Selain itu, kamu harus memberikan credit pada pemilik template tersebut dibagian bawah blog kamu. Link itu link aktif yang mengarah ke pemilik template.

Jika penggunaan blog untuk profesional atau bisnis, maka WordPress.org lebih tepat. Karena templatenya banyak banget dan template premiumnya juga cantik-cantik. Template premium juga menyediakan support jika kamu menemukan kesulitan saat mendesain blog kamu.

Jadi sudah jelas banget ya. Untuk mengawali ngeblog paling mudah ya pakai Blogspot bisa diakses di www.blogger.com Jika kamu ingin tampilan blog terkesan elegant dengan pilihan template-template premium maka WordPress.org adalah jawabannya.

Gimana menurut kamu, pilih Blogspot atau WordPress?

Esther Ariesta-Rantanen

Hello, I am Esther! An Indonesian woman who married a Finnish man and lives in Finland. I am a vegetarian and blogger. I have a Bachelor's degree in education and I am a certified trainer. In addition to helping people through blog posts, I also share some of my personal life here.
Esther Ariesta-Rantanen

  • Kebalik nih mbak kita, aku malah awal ngeblog pake WP dulu hihihi. Template’nya bagus2 emang, sesuai lah dengan maintenance’nya kalo pgn profesional as a blogger hihihihi.

    • Esther

      Iya betul mbak Nining, WordPress terkesan lebih pro!

  • Kalau saya tetap prefer blogspot/blogger Mbak. Lebih mudah dan stabil. Gratis dan bisa dipasang adsense.
    Blog wordpress premium saya sedang bermasalah, tak bisa pasang gambar. Jadinya ya nganggur.

    • Esther

      Betul bunda Susi, kalau Blogspot bisa lebih mudah dipasang Adsense πŸ™‚ Kalau ada yang bermasalah di WordPress, biasaya saya deactivate/matikan semua plug-in kemudian saya aktifkan lagi satu persatu.

  • Kalau saya kebalik, dulu awalnya enjoy di WP. Trus setelah vakum ngeblog saya nyoba pakai blogspot dan merasa lebih enjoy sampai sekarang. Kalau di WP harus punya hosting sendiri, itu yang bikin saya agak berat diongkos he3

    • Esther

      πŸ˜€ Wah iya mas. Kalau Blogspot bisa free hosting. Tapi kalau blognya menghasilkan pundi-pundi dollar atau rupiah kan bisa buat bayar ongkos πŸ™‚

  • Aku pilih wordpress karena tampilan aplikasi hape nya lebih asik

    • Esther

      Yes, kita satu aliran ya mbak πŸ™‚

  • halo kak ester

    pengalaman yg penuh lika liku.

    saya sendiri juga udah pernah pake blogspot.. di blogspot belum ngerti ilmu SEO

    ketika proses panjang ngeblog via wordpress org jadi paham gimana SEO itu.

    walaupun ini pengalaman curhat tp penuh inspirasi buat pemula ngeblog baru terutama.

  • Saya pakai dua-duanya, tapi sekarang lebih cinta sama WP πŸ™‚

  • Ida Raihan

    Sebenarnya lebih suka WordPress Mak, tadinya aktif di sana, tapi sejak WP biayanya lebih gede saat mau diganti TLD, saya pindah ke Blogspot.

    • Kalau blognya menghasilkan bisa dipakai untuk menutup biaya domain dan hosting.

  • dlu ak pkeny blogger smjk beli domain pdh ke wp lbh enak sih rasany praktis mski awal2 ps make rd rempong krn msh asing

  • Fiberti CH

    beda beda ya tujuannya…kalau cuma untuk nulis suka-suka dan menjalin pertemanan di komunitas lebih suka wordpress…untuk seriusan dikit blogspot, oya ada opsi wordpress hosting juga.salam..

    • Ada 3 pilihan memang, WordPress gratisan, WordPress berbayar dan Blogspot.

  • Vee

    Nice post!

  • dira indi

    Saya suka blogspot Sist..lebih asik tampilannya (aslinya ga bisa pake wordpress hehehe)

  • Untuk domain dan hosting akan saya jelaskan lewat artikel ya mbak Yeni.

error: The content is protected !!