Apa yang akan kamu jawab jika kamu ditanya, pilih Blogspot atau WordPress? Keduanya adalah platform blog yang paling banyak dipakai untuk ngeblog. Bagi kamu yang akan mengawali ngeblog pasti bingung untuk memilih diantara keduanya.

Pada awal saya ngeblog, saya memilih menggunakan Blogspot. Karena sangat mudah digunakan. Selain itu dilengkapi dengan berbagai widget yang tinggal klik dan simpan.

Blogspot juga langsung terkoneksi dengan Google+, selain itu kamu juga bisa mengajukan untuk Google Adsense. Dimana kamu bisa memasang iklan di blog kamu untuk menghasilkan uang dari iklan yang di klik oleh pengunjung blog.

Template Blogspot juga banyak pilihan. Kamu dapat merubah warna-warni dan features yang tersedia dengan sangat mudah. Namun, saya sendiri kurang suka dengan pilihan-pilihan template di Blogspot.

Setelah sekian lama menggunakan Blogspot, akhirnya saya belajar menggunakan WordPress. Alasannya, karena saya suka pilihan template WordPress terkesan elegant dan menarik.

Namun penggunaan WordPress tidak semudah Blogspot. Jika kamu mau mengganti widget atau menambah aplikasi di blog, kamu harus cari-cari dulu di direktori plugin lalu install dan aktifkan. Lebih ribet rasanya.

Pada awalnya saya menggunakan WordPress gratisan dari WordPress.com kemudian ketika saya sudah menguasai WordPress, saya pindah ke WordPress.org dimana saya harus punya domain dan hosting sendiri.

WordPress.com juga menyediakan banyak sekali template gratisan yang berragam. Namun, fungsi-fungsi di dalam template tersebut biasanya terbatas. Selain itu, kamu harus memberikan credit pada pemilik template tersebut dibagian bawah blog kamu. Link itu link aktif yang mengarah ke pemilik template.

Jika penggunaan blog untuk profesional atau bisnis, maka WordPress.org lebih tepat. Karena templatenya banyak banget dan template premiumnya juga cantik-cantik. Template premium juga menyediakan support jika kamu menemukan kesulitan saat mendesain blog kamu.

Jadi sudah jelas banget ya. Untuk mengawali ngeblog paling mudah ya pakai Blogspot bisa diakses di www.blogger.com Jika kamu ingin tampilan blog terkesan elegant dengan pilihan template-template premium maka WordPress.org adalah jawabannya.

Gimana menurut kamu, pilih Blogspot atau WordPress?