Panduan blogger pemula

October 2, 2017

Ketika saya memulai ngeblog pertama kali adalah pada saat saya masih kuliah. Saya belajar dari buku tentang ngeblog di Blogspot. Pada waktu itu, tujuan ngeblog saya hanya untuk iklan kursus privat. Setelah beberapa tahun, tujuan ngeblog saya berubah. Dari pengalaman saya ngeblog itu, saya akan berbagi panduan blogger pemula.

Panduan blogger pemula ini akan saya bagi menjadi beberapa bagian:

  1. Tahap persiapan
  2. Tahap pembuatan
  3. Cara menghasilkan uang dari blog
  4. Promosi

Untuk memudahkan dalam proses membuat blog, saya telah membuat worksheet sebagai panduan yang bisa kamu download.

Tahap persiapan

Menetapkan tujuan ngeblog

Penting sekali untuk menetapkan tujuan ngeblog untuk apa, apakah untuk mengasah kemampuan menulis, mencari pelanggan baru untuk bisnis yang sudah ada atau untuk mendapatkan penghasilan.

Hanya kamu sendiri yang tau apa tujuan ngeblog kamu. Tujuan ini yang akan menjadi standar untuk ngeblog sehingga kamu akan lebih fokus ngeblognya.

Tujuan ini bisa berubah ya, tidak harus paten. Misalnya tujuan pertama kali membuat blog hanya untuk menulis, bisa jadi beberapa tahun kemudian ingin kamu ubah menjadi sumber penghasilan utama.

Berikut adalah beberapa tujuan dan alasan kenapa banyak wanita membangun sebuah blog:

  1. Berbagi cerita, pemikiran, ilmu dan pengalaman.
  2. Belajar menulis. Terutama yang ingin menulis buku.
  3. Punya hobi menulis.
  4. Bekerja sebagai penulis.
  5. Mengembangkan bisnis yang sudah ada.
  6. Membangun bisnis.
  7. Ingin mendapatkan penghasilan.
  8. Mencari teman-teman baru.
  9. Mengisi waktu luang.
  10. Tugas sekolah/kuliah/kantor.

Nah…tujuan dan alasan kamu ngeblog termasuk nomer berapa saja ya?

Menetapkan niche blog

Kamu bisa memilih untuk fokus menulis satu niche blog saja atau bisa juga membangun blog dengan multi niche.

Misalnya kamu bisa menulis tentang niche kesehatan saja atau kecantikan saja. Tetapi jika kamu belum tahu niche mana yang paling kamu sukai, kamu bisa saja membangun blog dengan multi niche.

Kamu bisa memilih untuk fokus menulis satu niche blog saja atau bisa juga membangun blog dengan multi niche. Click To Tweet

Saya sendiri pada awal ngeblog langsung memilih fokus pada satu niche, sedangkan untuk blog personal, saya membangun blog dengan multi niche.

Menetapkan target pembaca

Siapa target pembaca blog kamu juga harus ditentukan. Apakah dia pria atau wanita? Usia berapa? Tinggal dimana? Hobinya apa? Masalah-masalah yang dia hadapi apa saja? Solusi apa saja yang bisa kamu berikan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa membantu kamu untuk menentukan target ideal pembaca blog kamu. Sebaiknya jangan menulis untuk semua orang, karena pembahasan blognya menjadi terlalu luas.

Membuat blog mind map

Cara membuat mind map dimulai dengan menetapkan niche blog kemudian dibagi menjadi beberapa kategori. Dari tiap kategori, buatlah subkategori hingga judul artikel yang akan kamu tulis. Dengan membuat blog mind map akan membuat artikel blog kamu lebih tertata dan kamu tidak akan kehabisan ide untuk menulis.

Tahap pembuatan

Ada beberapa platform blog yang bisa kamu gunakan untuk ngeblog. Untuk blog gratisan, kamu bisa membuatnya di Kompasiana, Blogdetik, Blogspot atau WordPress. Sedangkan untuk blog berbayar kamu bisa membuatnya di WordPress self hosted atau Squarespace.

Untuk panduan cara membuat blog di WordPress self hosted bisa baca di artikel ini.

Untuk blog gratisan rata-rata hampir sama, nama blog kamu akan ada tambahan blog utama. Misalnya www.blogku.blogspot.com begitu juga dengan platform blog gratisan yang lain. Untuk awal ngeblog sih enggak masalah menggunakan blog gratisan tapi jika sudah mau serius untuk blog berbisnis maka minimal harus bisa investasi beli domain berbayar, sehingga nama blog kamu menjadi www.blogku.com, lebih profesional dan lebih dipercaya.

Cara menghasilkan uang dari blog

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog. Kamu bisa menjual produk dan jasa kamu sendiri atau mempromosikan produk dan jasa orang lain.

Baca juga : cara menghasilkan uang dari blog.

Idealnya lebih baik bisa menjual produk dan jasa sendiri tetapi jika belum punya, kamu bisa menjual produk dan jasa orang lain.

Promosi

Mempromosikan blog sama pentingnya dengan membangun blog. Ada 3 cara dalam mempromosikan blog, yaitu dengan iklan, SEO dan aktif di komunitas blogger.

Untuk memudahkan dalam proses membuat blog, saya telah membuat worksheet sebagai panduan yang bisa kamu download.

Setelah membaca artikel panduan blogger pemula ini, saya harap kamu bisa mulai membangun blog mulai dari tahap persiapan, pembuatan, cara menghasilkan uang dari blog hingga promosi blog. Jika masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dan pertanyaan di kolom komentar atau bisa hubungi saya disini.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kamu because sharing is caring.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Saya membangun blog & bisnis online agar saya dapat memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.
Esther Ariesta-Rantanen

  • Bermanfaat banget buat beginner. Aku lagi nambah2 ilmu juga soal utak-atik blog biar bisanya gak cuma entry post haha.

  • Mbak Yeni udah keren banget kok ngeblognya. Apalagi udah punya niche khusus 🙂

error: The content is protected !!