Omset tembus 33 juta karena ngeblog

September 12, 2017

Saya mulai terjun di dunia bisnis online sejak tahun 2012. Awalnya saya bekerja di radio sebagai penyiar radio dan mc, kemudian bekerja di kantor di bagian keuangan dan manajemen perusahaan. Saya juga sempat menjadi guru bahasa Inggris. Setelah menggeluti beberapa profesi itu saya mulai belajar blogging dan bisnis online sehingga saya mengetahui cara menghasilkan uang dari blog.

Dunia blogging memang sudah tidak asing bagi saya. Saat saya masih kuliah di fakultas pendidikan, saya membentuk kursus privat bahasa Inggris. Saya menggunakan blog untuk mencari murid dan guru bahasa Inggris.

Ada banyak manfaat lain yang sudah saya dapatkan karena hobi ngeblog, termasuk mendapatkan penghasilan puluhan juta setiap bulan.

Jalan-jalan keluar negeri

Setelah rutin mendapatkan penghasilan puluhan juta setiap bulan, saya mulai jalan-jalan ke luar negeri. Karena saya suka sekali mempelajari budaya negara lain. Pertama kali saya pergi ke Singapura kemudian ke Malaysia. Walaupun sebelumnya saya juga sempat ke Thailand.

Saat saya masih bekerja dulu saya tidak berani bermimpi keluar negeri, takut mimpi ketinggian 😀 Lha wong pendapatan setiap bulan saja kembang kempis.

Namun akhirnya saya bisa benar-benar jalan-jalan keluar negeri pakai uang dari ngeblog dan bisnis online. Rasanya lebih puas kalau pakai uang sendiri daripada dibayarin.

Kebebasan waktu

Oh my…bagian inilah yang saya sukai. Yes, kebebasan waktu! Saya tidak harus bangun pagi, pulang malam atau lembur karena bekerja di kantor.

Saya bisa bebas mengatur waktu saya. Mau bangun pagi atau siang bebas-bebas saja. Walaupun tentu saja, saya memiliki jadwal harian. Namun tetap fleksibel.

Kalau misalnya ada acara keluarga atau ada pelatihan/seminar pada hari dan jam kerja, saya bisa datang dengan mengubah jadwal harian saya. Tanpa perlu lapor ke atasan dan ada rasa segan dengan teman-teman sekantor.

Omset tembus 33 juta karena ngeblog

Saya membangun sebuah toko online dengan menjual produk lokal Bali dan produk kecantikan.

Sebelum menggunakan Facebook ads, saya menggunakan blog untuk promosi produk-produk toko online saya. Saya bidik kata kunci tertentu yang berkaitan dengan produk saya dan mengubahnya menjadi konten artikel.

Baca juga : Cara menghasilkan uang dari blog.

Strategi ini sangat manjur, hingga suatu hari omset tembus 33 juta karena ngeblog. Tentu saja ngeblog’nya harus dengan strategi. Bukan asal-asal’an. Berikut akan saya bagikan beberapa tipsnya.

Mindset

Diawali dengan mengubah mindset. Dengan memperlakukan blog kamu sebagai bisnis dari awal, bukan sekedar hobi.

Saya juga mengawali ngeblog sebagai hobi namun sekaligus untuk mendapatkan penghasilan. Kalau bisa mendapatkan penghasilan dari hobi, why not? Hidup jadi lebih asyik 😀

Tools

Saya menggunakan Google keyword planner untuk mencari kata kunci yang bisa saya gunakan untuk membuat artikel terkait produk yang saya jual. Tools yang disediakan oleh Google ini free, bebas digunakan.

Selain itu bangun blog dengan domain TLD seperti .com atau .net. Investasikan uang untuk membeli domain sehingga blog kamu tidak menggunakan domain dengan akhiran blogspot[dot]com atau wordpress[dot]com.

Perlakukan blog kamu sebagai bisnis dari awal, bukan sekedar hobi. Click To Tweet


Bagaimana dengan blog kamu? Apakah kamu sudah berhasil menghasilkan uang dari blog? Share di kolom komentar ya.

Selain itu jika artikel ini bermanfaat please share ke teman-teman blogger kamu karena jika kamu suka berbagi itu tandanya bahwa kamu peduli dengan orang lain. Sharing is caring.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Saya membangun blog & bisnis online agar saya dapat memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.
Esther Ariesta-Rantanen

  • Fanny Fristhika Nila

    Keren mba :D. Pgn juga nanti jualan kyk gini.. Tp utk skr, memang blm ada niat utk memonetize blog.. Blog masih jd sarana utk nyalurin hobi nulis traveling dan kulineranku doang. Kalopun nanti mau jualan/bisnis lewat blog, kyknya aku bakal pisahin dr blog yg skr ama blog yg utk jualan.. :D.

  • Diah Siregar

    Aku ada juga jualan online mbak. Tapi justru belum pernah manfaatin blog buat promosi. Aku buka tokonya di marketplace, dan gak ada temen-temen yang tau hihihii..

error: The content is protected !!