Natal dan Tahun Baru 2017 di Finlandia

March 14, 2017

Natal di tahun 2016 saya berkesempatan untuk merayakan di Finlandia bersama keluarga suami di Tampere, Finlandia. Tampere adalah kota terbesar ketiga. Kota terbesar pertama adalah Helsinki. Saya merayakan natal hanya sebagai tradisi keluarga saya disini. Kami berkumpul bersama, makan-makan dan saling bertukar kado. Foto dibawah ini adalah foto pohon natal di rumah mertua, dibawahnya ada banyak sekali kado dari mertua, saudara dan teman-teman.

Natal dan Tahun Baru 2017

Keluarga kami adalah keluarga kecil. Mertua hanya punya dua anak lelaki. Sehingga kami hanya merayakannya bertujuh. Papa dan mama mertua, Annisa dan suaminya, saya dan suami serta Ben, baby imut anak laki-laki Annisa.

Natal tahun ini mama mertua yang memasak aneka macam masakan untuk hidangan natal. Semuanya masakan orang Finlandia. Annisa juga membawa makanan dari rumahnya, dia memasak masakan Indonesia vegetarian. Jadi saya makan makanan yang dibawa Annisa.

Dari bulan November sampai natal berlangsung, hampir semua shopping mall dan toko-toko disini memberikan diskon yang lumayan besar. Saat natal inilah pengunjung jadi lebih ramai kalau dibandingkan hari-hari biasa. Sayangnya saya tidak sempat foto di area shopping mall.

Christmas Market di Tampere, Finlandia.

Ketika mendekati natal, di depan City Hall atau Balai Kota Tampere digelar Christmas Market. Ada beberapa stand baju, makanan, handicraft, lilin, boneka dan pernak-pernik lainnya. Harga barang-barang yang dijual di Christmas Market tidak lebih murah dari harga di shopping mall. Karena itu saya tidak membeli apa-apa dari Christmas Market, selain itu cuaca juga sangat dingin sehingga tidak betah kalau harus berlama-lama disini.

Ada berbagai macam acara selama Christmas market berlangsung. Jadwal disusun rapi dari pagi sampai malam hari. Saya datang jam 4 sore ketika Santa Claus muncul disana, sehingga saya bisa berfoto dengannya :). Ada banyak ibu-ibu dengan anaknya yang juga antri mau foto dengan Santa Claus.

Pohon natal yang sangat besar dihias dengan lampu-lampu membuat suasana sedikit hangat. Dua hiasan lain adalah lampu yang berwarna merah dan biru. Ketiganya sangat besar, sampa-sampai saya kelihatan sangat kecil ketika berfoto didepannya.

Christmas Market 2016

Tahun Baru 2017 di Tampere, Finlandia.

Suasana tahun baru di Tampere terbilang sepi. Maklum karena tidak banyak penduduk yang tinggal disini kalau dibandingkan dengan penduduk di Jakarta. Kembang api mulai dinyalakan tanggal 31 Desember jam 9.30 malam dan hanya berlangsung selama 15 menit. Mereka menyalakan kembang api di area pelabuhan Ratina. Banyak sekali orang yang menunggu disana. Sayangnya saya datang terlambat. Sehingga waktu saya datang sudah bubaran 🙁 Saya mengira kembang api akan berlangsung lama sampai tengah malam seperti di Indonesia pada umumnya.

Saya cuman sempat makan malam dengan suami di restoran Tilliholvi. Tidak mudah juga cari restoran yang tersedia saat malam tahun baru. Kebanyakan sudah full booked beberapa hari sebelum malam tahun baru. Apalagi saya vegetarian, jadi harus selalu tanya tiap restoran sebelum pesan tempat apakah mereka menyediakan menu vegetarian.

Walaupun tahun baru 2017 saya rayakan dengan suasana yang hening, saya cukup menikmatinya. Apalagi tahun baru kali ini adalah pertama kalinya saya merayakannya dengan suami tercinta.

Esther Ariesta Rantanen

Esther Ariesta-Rantanen

Hello, I am Esther! An Indonesian woman who married a Finnish man and lives in Finland. I am a vegetarian and blogger. I have a Bachelor's degree in education and I am a certified trainer. In addition to helping people through blog posts, I also share some of my personal life here.
Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!