Meningkatkan percaya diri

September 6, 2016

Meningkatkan percaya diriRasa percaya diri bukanlah karakter yang bisa diwariskan dari orang tua kita. Rasa percaya diri dibentuk dari pengalaman-pengalaman hidup terutama ketika kita masih kecil.

Banyak orang bertanya-tanya kenapa dirinya tidak memiliki rasa percaya diri seperti orang lain?

Rasa percaya diri bukanlah hal yang general/umum, tetapi hal yang khusus. Sebagai contoh : kamu bisa saja percaya diri menggunakan Facebook tanpa takut salah pencet tombol karena kamu sudah terbiasa menggunakannya, tetapi kamu bisa saja tidak percaya diri dalam berbicara di depan umum karena kamu belum pernah melakukannya.

Solusinya adalah kamu harus tahu dibagian mana kamu kurang percaya diri. Setelah kamu tahu, kamu harus berlatih dibagian itu untuk meningkatkan percaya diri kamu. Seperti contoh tadi jika kamu tidak percaya diri berbicara di depan banyak orang maka kamu harus berlatih untuk berbicara di depan banyak orang. Ketika kamu bisa melakukannya sekali dua kali dan berulang kali, kamu mengubah pikiran bawah sadar kamu menjadi percaya diri berbicara di depan banyak orang.

Hal itu berlaku juga untuk hal-hal lainnya dimana kamu masih belum percaya diri. Misalnya dalam hal mendekati lawan jenis yang kamu sukai. Maka kamu harus berlatih untuk bersosialisasi dengan banyak orang terutama dengan lawan jenis, sehingga ketika kamu ingin mendekati lawan jenis yang kamu sukai, kamu tidak lagi ragu-ragu atau malu.

Ada konsep yang keliru tentang meningkatkan percaya diri dengan mengejar ketenaran atau kesuksesan. Apapun yang kita raih tidak akan serta merta meningkatkan rasa percaya diri jika pikiran bawah sadar kita tidak bisa mengenali kesuksesan sebagai hal positif yang kita raih, tetapi tetap fokus pada kekurangan-kekurangan yang kita miliki. Pernah dengan artis pakai narkoba? Itu adalah salah satu contoh bahwa ketenaran dan kesuksesan tidak akan membawa dampak positif untuk rasa percaya diri kita, jika pikiran bawah sadar kita memberi pengertian yang salah dengan apapun yang terjadi dengan diri kita dan lingkungan kita.

Meningkatkan percaya diri sangat mudah. Kamu harus berlatih dan membiasakan diri di bagian mana kamu kurang percaya diri, selain itu selalu kenali hal-hal positif yang sudah bisa kamu lakukan dan kamu raih.

Esther Ariesta-Rantanen

Hello, I am Esther! An Indonesian woman who married a Finnish man and lives in Finland. I am a vegetarian and blogger. I have a Bachelor's degree in education and I am a certified trainer. In addition to helping people through blog posts, I also share some of my personal life here.
Esther Ariesta-Rantanen

  • Hai mbak..salam kenal.
    Rasa kurang percaya diri memang harus dilawan dan dicari solusinya ya. Untuk beberapa hal, saya juga masih kurang percaya diri nih. Memang harus punya niatan yang kuat untuk mengubahnya.
    btw, TFS ya 🙂

error: The content is protected !!