Jalan-jalan ke Rovaniemi Finlandia

March 26, 2017

Dalam rangka honeymoon yang pertama kali, suami saya mengajak saya untuk jalan-jalan ke Rovaniemi Finlandia. Sebuah kota kecil di bagian Finlandia Utara. Suhu di Finlandia Utara jauh lebih dingin daripada di Finlandia Selatan, dimana saya tinggal saat ini.

Ada beberapa hal yang sangat menarik disini yaitu salju lebih tebal. Saat saya kesana tanggal 13 Februari sampai 16 Februari 2017, suhu disana sedang tidak terlalu dingin. Bahkan saat perjalanan menuju kesana, suhunya sempat +1. Bagi saya, suhu plus derajat di Finlandia termasuk hangat!

Jalan-jalan ke Rovaniemi Finlandia

Foto diatas berlokasi di stasiun kereta api di Tampere, Finlandia. Saya dan suami pergi ke Rovaniemi dengan kereta api. Perjalanan dari Tampere ke Oulu selama 4 jam kemudian naik kereta selanjutnya dari Oulu ke Rovaniemi selama 2 jam.

Kereta api di Finlandia tidak terlalu panjang jika dibandingkan dengan kereta api di Indonesia. Menyesuaikan jumlah penduduk kali ya? Di Finlandia penduduknya hanya 5 juta, sedangkan di Indonesia 250 juta.

Satu hal yang selalu menjadi perhatian saya ketika naik kendaraan umum yaitu, toilet. Disini toilet disebut WC juga. Toiletnya bersih namun sayangnya toilet di kereta api yang saya tumpangi bau air kencing 🙁 .

Santa’s Igloo Hotel, Rovaniemi Finlandia

Igloo hotel merupakan salah satu hotel yang menarik untuk disinggahi. Harganya lumayan mahal kalau menurut saya. Namun, keunikan hotel yang berbentuk seperti rumah igloo dan beratapkan kaca ini menjadi pengalaman berharga untuk dinikmati selama berlibur di Rovaniemi.

Ruangan di dalam hotel tidak terlalu luas. Dikelilingi dinding dan atap kaca yang berfungsi untuk menikmati aurora borealis/northern lights, sinar warna-warni yang sering terjadi disini. Harga satu malam untuk kamar igloo yang dilengkapi dengan sauna adalah 800 euro atau sekitar 11 juta rupiah.

Jalan-jalan ke Rovaniemi Finlandia

Santa Claus Village, Rovaniemi Finlandia.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Rovaniemi adalah Santa Claus Village. Tempat ini adalah kantornya Santa Claus. Paling ramai dikunjungi saat liburan natal. Semua orang yang datang disini bisa bertemu dengan Santa Claus dan bisa mengirimkan kartu ucapan yang bisa dikirimkan ke semua negara.

Saya sempat bertemu dan berfoto dengan Santa Claus. Di area Santa Claus village juga terdapat berbagai macam tour misalnya ski, mengendarai motor di salju dan restaurant yang berlapis es. Kemudian saya juga mengunjungi museum Arktikum, isinya edukasi tentang Finlandia utara.

Jalan-jalan ke Rovaniemi Finlandia

Kalau berkunjung ke tempat wisata itu rasanya betah dan pengen berlama-lama 😀 Enggak mau pulang judulnya. Yang pasti kalau kamu suka jalan-jalan dan betah berlama-lama di tempat yang dingin, jalan-jalan ke Rovaniemi  Finlandia bisa menjadi salah satu tujuan wisata kamu selanjutnya.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Dengan membangun blog & bisnis online, saya memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.


Esther Ariesta-Rantanen

  • Nurul Sufitri

    Wah, Santa’s Igloo Hotel modelnya unik ya beratapkan kaca, homey deh kayaknya. Ada tour ski, mengendaraia motor di salju, dll menarik sekali. Kapan ya bisa ke Finlandia? hehe..nice story mbak Esther. Salam kenal ya.

    • Salam kenal mbak Nurul.

      Santa Igloo hotel memang ok banget. Harus coba kalau traveling ke Finlandia 🙂

error: The content is protected !!