Blogging adalah platform yang banyak digunakan oleh wanita untuk memberikan dampak positif bagi orang lain dan juga menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan. Kali ini saya membuat daftar 10 blogger wanita Indonesia yang bercerita tentang perjalanan di dunia digital, baik blogging atau bisnis online.

Carolina Ratri

Carolina berasal dari Jogja. Dia sempat mendirikan komunitas blogger Rocking Mama tetapi dibubarkan pada  bulan Mei 2018. Carolina mulai ngeblog tahun 2007, awalnya hanya untuk diari online untuk keluarga dan sahabat yang jauh. Sempat vakum selama dua tahun karena baru punya anak dan dia ingin mengutamakan keluarga. Setelah anak-anaknya sudah mandiri, Carolina kembali lagi ke jagat maya.

Berkat ngeblog, Carolina jadi jago nulis dan sudah menerbitkan buku, baik itu buku solo maupun kolaborasi. Penghasilan Carolina dari ngeblog kurang lebih 7 digit perbulannya. Dengan penghasilannya itu dia mulai belajar investasi kecil-kecilan.

Berkat ngeblog, saya jadi jago nulis dan sudah menerbitkan buku, baik itu buku solo maupun kolaborasi. ~ Carolina Ratri Click To Tweet

Sumber pendapatan Carolina sebenarnya bukan dari blognya tetapi dia lebih banyak mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan digital marketing untuk brand, komunitas, blog pribadi dan juga selebriti.

Shintaries Nijerinda Mirantaura

Lebih dikenal dengan Shintaries, seorang blogger dan juga Founder Blogger Perempuan Network, sebuah komunitas blogger perempuan Indonesia. Shintaries aslinya dari Jawa Tengah tapi saat ini tinggal di Tangerang. Dia mulai ngeblog di tahun 2005 tapi sempat berhenti karena bekerja dan menikah. Kembali menulis blog lagi di tahun 2012 karena memang pada dasarnya suka menulis dan berselancar di internet.

Baca juga : 8 Komunitas Blogger Wanita Indonesia

Bagi Shintaries, ngeblog tidak hanya soal materi tapi juga networking. Dengan adanya lingkungan yang kondusif untuk menulis dan berbagi, jadi bisa lebih nyaman untuk menulis karena banyak dukungan. Shintaries juga banyak sekali mendapatkan penghargaan dan sering diundang sebagai narasumber. 

Ngeblog tidak hanya soal materi tapi juga networking. ~ Shintaries Click To Tweet

Pundi-pundi rupiah yang didapatkan Shintaries berasal dari sponsorship seperti review produk, review event dan monetisasi akun sosial media. Untuk berapa besarnya, Shintaries mengungkapkan kalau penghasilannya dari dunia blogging lumayan untuk standar orang Indonesia.

Alaika Abdullah

Alaika asli dari Aceh dan saat ini tinggal di Bandung. Dia menjabat sebagai ketua komunitas di Blogger Perempuan Network. Alaika mulai ngeblog sekitar tahun 2009. Bagi dia, menulis di blog sebagai salah satu metode self healing dan stress release, terapi bagi jiwa. Karena pada saat itu dia sedang terlibat dalam beberapa proyek dalam upaya pemulihan pasca tsunami.

Walaupun belajar ngeblog secara otodidak, Alaika tidak menemukan kendala sama sekali. Hanya saja setelah posting artikel tidak ada yang berkomentar. Kemudian dia mulai rajin blogwalking dan gabung di komunitas-komunitas blogger. Sehingga dia mulai mendapatkan teman-teman baru sesama blogger.

Banyak sekali yang diraih setelah menggeluti dunia blogging, mulai dari rupiah, dollar, steem (token kripto/mata uang digital), maupun produk dan jasa. Selain itu Alaika juga pernah menjadi juara lomba di dunia blogging dan kepenulisan. Bukan hanya materi dan penghargaan saja, menurut Alaika, blogging juga membuat pengetahuan dan skillnya bertambah, terutama di bidang komunikasi, human interest dan kepenulisan. 

Bukan hanya materi dan penghargaan saja, blogging juga membuat pengetahuan dan skill saya bertambah, terutama di bidang komunikasi, human interest dan kepenulisan. ~ Alaika Abdullah Click To Tweet

Penghasilan dari ngeblognya belum menentu, karena saat ini masih sebagai side income. Namun sebagai blogger profesional, Alaika sangat memperhatikan blognya. Dia memposisikan blognya sebagai ladang yang bisa untuk dipanen sehingga bisa menjadi main income nantinya. Saat ini dia mendapatkan penghasilan dari sponsored post dan content placement.

Mira Sahid

Selain berprofesi sebagai blogger, Mira juga dikenal sebagai Founder komunitas Kumpulan Emak Blogger. Saat ini dia tinggal di Bogor tapi asli dari Bandung. Dia mulai ngeblog tahun 2008. Awalnya membuat blog karena melihat seorang teman yang selalu bercerita tentang bisnisnya di sebuah blog, kemudian dia tertarik untuk membuat blog. Hambatan yang dihadapi pada awal ngeblog lebih ke masalah teknis, tapi dia belajar sendiri mengenai teknik-teknik blog dengan browsing di Google.

Mira sudah beberapa kali menjuarai lomba blog, namun manfaat ngeblog yang dia rasakan lebih pada proses pengembangan dirinya. Dia menemukan networking yang lebih luas. Dia juga menjadikan tulisan-tulisannya sebagai proses healing untuk ketenangan jiwa. Menurutnya, menulis itu menenangkan.

Menulis itu menenangkan. ~ Mira Sahid Click To Tweet

Untuk penghasilan yang dia dapatkan tidak menentu karena setiap bulan jumlahnya bisa berbeda. Bagi dia penghasilan dari ngeblog masih side income belum full time income. Mira paling sering mendapatkan penghasilan dari blog lewat tulisan berbayar/sponsorship.

Widyanti Yuliandari

Widyanti lahir di Situbondo, saat ini tinggal di Bondowoso namun sering ke Surabaya untuk urusan studi. Blogger wanita yang satu ini menjabat sebagai ketua umum komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis. Dia belajar ngeblog sekitar tahun 2008. Sebenarnya waktu itu lebih karena paksaan suami yang yakin bahwa dia memiliki kemampuan menulis. Karena dia tinggal di kota kecil yang sepi, membuat suaminya khawatir jika dia tidak cukup berprogress dengan baik sebagai individu.

Hambatan yang dihadapi pada saat mengawali ngeblog adalah waktu dan fasilitas. Sebagai seorang wanita yang bekerja sebagai PNS dan memiliki dua anak yang masih kecil, mencari waktu untuk menulis itu sebuah perjuangan. Selain itu dia juga harus pergi ke warnet karena sambungan internet mustahil untuk dia miliki di rumahnya. 

Tahun 2014 Widyanti memutuskan untuk serius ngeblog, dari situ dia mulai mendapatkan kemenangan di berbagai kompetisi dan penghasilan tambahan. Dia juga menggunakan blog untuk bisnis online, itu yang jadi tulang punggung untuk penghasilan keluarga. Gaji yang dia dapat sebagai PNS di kabupaten yang tertinggal masih minim, hanya bisa digunakan untuk kebutuhan pribadi saja.

Saya menggunakan blog untuk bisnis online, itu yang jadi tulang punggung untuk penghasilan keluarga. ~ Widyanti Yuliandari Click To Tweet

Untuk personal blognya, Widyanti mendapatkan penghasilan dari paid posting/review produk, content placement dan affiliate.

Ani Berta

Ani adalah blogger yang berasal dari Bandung, sekarang tinggal di Tangerang Selatan. Dia juga Founder komunitas Indonesian Social Blogpreneur. Mulai ngeblog tahun 2008 karena dia merasa bahwa blog adalah sebuah wadah karya dan penampung segala opini, pemikiran yang selama ini mengendap di otak saja. Dengan berbagi lewat blog, bisa saja memberikan manfaat bagi orang lain sebagai referensi atau saling berbagi pendapat untuk menambah kekayaan wawasan.

Blog adalah sebuah wadah karya dan penampung segala opini, pemikiran yang selama ini mengendap di otak saja. ~ Ani Berta Click To Tweet

Hambatan yang dihadapi pada awal ngeblog lebih ke soal teknis dan cara utak-atik tampilan blog karena pada saat itu dia memang benar-benar belajar sendiri. Dia juga concern dengan UU ITE, apakah melanggar hukum atau tidak jika dia berbicara jujur dan sesuai fakta.

Ani mendapatkan banyak sekali penghargaan dari lomba dan pernah menjadi pembicara di forum-forum internasional. Namun penghasilan utama Ani bukan dari blognya tapi dari pekerjaan utama dia sebagai content writer untuk beberapa perusahaan. Dia menggunakan blog sebagai booster untuk berkarya dan sebagai penghasilan tambahan dari sponsored post dan mengajar di workshop serta sesekali menjadi koordinator acara brand atau organisasi. Penghasilan yang didapatkan Ani per tahun cukup untuk memenuhi segala kebutuhannya dan melampaui target yang ditetapkan.

Sumarti Saelan

Blogger yang satu ini asli Jawa Timur, saat ini tinggal di Jakarta. Menjabat sebagai ketua komunitas Kumpulan Emak Blogger. Dia mulai ngeblog tahun 2010, awalnya dari sekedar tukang baca yang kemudian terpikir memiliki pendapat sendiri yang berbeda dari opini yang ada, yang merasa wajib buat diungkap dan dikeluarkan.

Hambatan yang dihadapi pada awal ngeblog justru kontradiktif dengan keinginan mengeluarkan pendapat itu sendiri. Sumarti sempat ragu apakah pendapat dia benar, apakah ada orang yang sependapat dengan dia dan apakah ada orang yang akan menanggapi nantinya. Walaupun ragu tetapi dia tetap memberanikan diri untuk menulis. Dia bergabung di komunitas, mengenal banyak orang dan blogger lain yang bisa membantu dia lebih percaya diri menulis dan mengeksplorasi ide karena merasa banyak dukungan.

Banyak sekali manfaat yang dia dapatkan karena ngeblog, diantaranya menang lomba berkali-kali dengan hadiah uang tunai, smartphone dan produk-produk dari sponsor. Saat ini dia lebih suka mendapatkan penghasilan dari pekerjaan menulis berbayar/sponsorship yang tetap bisa mempertahankan karakter khasnya sebagai seorang blogger dan keseharian sebagai perempuan dan ibu yang bisa dituangkan dalam cerita. Nominal yang dia dapatkan dari sponsorship lumayan walaupun tidak pernah ada angka sama dan pasti setiap bulannya.

Sebagai blogger profesional butuh waktu fokus di depan laptop dalam waktu yang lumayan panjang setiap hari untuk menulis dan belajar di kelas-kelas online untuk meningkatkan kualitas diri. ~ Sumarti Saelan Click To Tweet

Kalau soal kebebasan waktu, menurut Sumarti sebagai blogger profesional butuh waktu fokus di depan laptop dalam waktu yang lumayan panjang setiap hari untuk menulis dan belajar di kelas-kelas online untuk meningkatkan kualitas diri.

Indah Julianti Sibarani

Blogger asli Batak yang sering dipanggil Injul oleh teman dekatnya ini lebih sering tinggal di Jakarta namun saat ini tinggal di Yogyakarta. Untuk dunia blogging, Indah adalah Co Founder komunitas Kumpulan Emak Blogger. Indah mulai ngeblog tahun 2003 saat dia bekerja di sebuah stasiun TV swasta. Rekan kerjanya yang mengenalkan blog pada dia karena tahu bahwa Indah suka menulis dan juga sempat bekerja sebagai reporter/wartawan. Awalnya dia ngeblog karena ingin mendokumentasikan pekerjaan-pekerjaan dia agar bisa menjadi bacaan yang bermanfaat.

Berkat ngeblog, Indah menjuarai beberapa lomba blog, bisa berkunjung ke kantor Google di Singapura dan menjadi narasumber. Networking jadi semakin luas dan menjalin pertemanan dengan beberapa editor sehingga Indah bisa menulis dan menerbitkan buku.

Berkat ngeblog, networking jadi semakin luas dan menjalin pertemanan dengan beberapa editor sehingga saya bisa menulis dan menerbitkan buku. ~ Indah Julianti Sibarani Click To Tweet

Indah mendapatkan penghasilan dari blog lewat paid blog dan media sosial (buzzer). Saat ini Indah fokus menulis buku dan menjadi content writer untuk dua website. Dari pekerjaan menjadi content writer itu, Indah rutin mendapatkan penghasilan yang lumayan, cukup untuk membeli kebutuhan pribadi dan hangout dengan teman-teman dekat.

Dyane Dorothy Aurora

Rora lahir di Bandung tapi domisili berpindah-pindah mengikuti tugas suami. Saat ini tinggal di Jakarta. Selain berprofesi sebagai blogger profesional, Rora juga Co Founder Blogger Perempuan.

Mulai ngeblog pada tahun 2006, karena berbisnis affiliate marketing yang memerlukan blog sebagai media promosi. Awalnya, Rora tidak mengerti sama sekali tentang dunia blogging jadi semua dimulai dari nol. Dia belajar dengan Anne Ahira, Founder Asian Brain.

Manfaat utama ngeblog tentunya bisa memiliki penghasilan sendiri dan memperoleh banyak teman-teman baru di dunia maya. ~ Dyane Dorothy Aurora Click To Tweet

Manfaat utama ngeblog bagi Rora tentunya bisa memiliki penghasilan sendiri dan memperoleh banyak teman-teman baru di dunia maya. Penghasilan Rora per bulan tidak selalu sama, sekitar 3-5 digit $ per bulan dari beberapa blog. Model bisnis online yang dijalankan adalah affiliate marketing.

Esther Ariesta-Rantanen

Well, saya yang membuat daftar ini tentu saya juga harus berani menulis tentang saya dan perjalanan saya di dunia digital. Saya campuran Jawa Sunda, lahir di Kediri, Jawa Timur, tapi saya pernah tinggal di beberapa kota: Jakarta, Surabaya dan Denpasar. Saat ini saya tinggal di Tampere, Finlandia.

Saya mulai menggunakan blog sekitar tahun 2010 saat saya masih mengajar di sekolah. Saya menggunakan blog hanya untuk promosi kursus bahasa Inggris tapi setelah itu tidak pernah lagi menggunakan blog sampai suatu hari sekitar tahun 2012, saya belajar bisnis online lewat kursus online dengan Anne Ahira. Saat ini saya juga mengelola sebuah komunitas di Facebook group: Indonesian Female Blogger.

Hambatan yang saya hadapi pada saat mengawali karir di dunia digital ini lebih ke fasilitas, waktu itu beli kuota internet masih terasa mahal bagi saya dan laptop yang saya miliki, laptop tua yang sudah tidak ada baterainya, jadi kalau online harus nyolok terus ke listrik. Kalau lampu mati ya tidak bisa online. Namun waktu itu saya percaya bahwa apa yang saya lakukan akan berbuah manis di masa depan.

Bisnis online saya affiliate marketing, saya juga pernah membuka jasa pembuatan website dan menjual produk fisik. Saya menggunakan blog untuk promosi dan menjaring customer. Pertama kali saya mendapatkan penghasilan dari internet sebesar 1 $! Walaupun sangat kecil tapi saya sangat senang sekali, dari situ mulai bertambah dari 3 juta, 5 juta, 7 juta, 10 juta hingga 33 juta per bulan. Bagi saya ini luar biasa, karena selama saya bekerja di perusahaan tidak pernah mendapatkan gaji/penghasilan sebanyak itu. Yang lebih saya sukai, saya bisa bekerja dari rumah, bebas berkreasi dan bebas mengatur waktu saya.

Saya menggunakan blog untuk promosi dan menjaring customer. ~ Esther Ariesta-Rantanen Click To Tweet

Nah setelah saya pindah ke Finlandia, bisnis online saya yang di Indonesia sudah saya tutup karena kesulitan dengan urusan perbankan, saat ini saya sedang mengembangkan produk digital untuk market internasional.

Saya selalu menggunakan blog sebagai marketing, murni untuk bisnis online jadi saya jarang sekali menulis, saya lebih banyak melakukan riset kata kunci, untuk artikel biasanya saya beli. Baru di tahun 2015, saya mulai punya blog pribadi yang saya gunakan untuk berbagi cerita, tips dan inspirasi di bidang bisnis online maupun serba-serbi kehidupan terutama di Finlandia.

Alasan lain kenapa saya menulis blog pribadi karena selama saya ada di dunia digital lebih sering berkumpul dengan cowok, beberapa kali ikut meet up internet marketing, saya selalu cewek sendirian. Saya mulai mencari komunitas blogger yang lebih banyak cewek daripada cowoknya. Lalu saya bergabung di komunitas-komunitas blogger, diantaranya Kumpulan Emak Blogger, Blogger Perempuan dan Ibu-Ibu Doyan Nulis. Dari situ saya mulai mendapatkan penawaran kerja sama dan sponsorship. Tentunya saya juga mendapatkan banyak teman-teman baru, termasuk blogger-blogger wanita hebat yang sudah saya sebutkan.

 Simpan artikel ini di Pinterest untuk referensi 

Inspirasi Dari 10 Blogger Wanita Indonesia.EstherAriesta.com

Bagaimana dengan cerita perjalanan kamu di dunia digital, baik blogging atau bisnis online?

Hambatan-hambatan apa yang pernah kamu hadapi dan manfaat apa saja yang sudah kamu dapatkan baik materi atau non materi? Share di kolom komentar ya.

Selain itu jika artikel ini bermanfaat please share ke teman-teman kamu because sharing is caring.