Walaupun saya sudah pernah membahas tentang persyaratan menikah di Finlandia bagi warga negara Indonesia namun tetap ada saja beberapa pertanyaan yang masuk di redaksi. Berikut informasi lengkap dan persyaratan menikah di Finlandia.

Namun apa yang saya bagikan disini menurut peraturan pemerintah daerah Denpasar, Bali. karena di Indonesia, beda kota atau beda provinsi akan beda juga peraturannya. Selain itu tips ini hanya untuk warga negara Indonesia yang akan menikah dengan orang Finlandia di Finlandia.

Dokumen yang dibawa dari Indonesia

  1. Visa.
    Untuk menikah di Finlandia, kamu bisa menggunakan visa schengen (asalkan tujuan utama membuat visa untuk liburan).
    Seperti pengalaman saya dulu, tujuan utama ke Finlandia untuk liburan dan pernikahan saya baru diputuskan saat saya berada di Finlandia. Namun saya tetap bawa dokumen-dokumen yang diperlukan untuk jaga-jaga jika memang saya mantap untuk menikah di Finlandia.Visa ini diperlukan ketika kamu mendaftarkan untuk menikah di Finlandia.
  2. Surat Keterangan Belum Pernah Menikah (SKBPM).
    Kamu perlu membawa surat keterangan belum pernah menikah dari Dispendukcapil. Kalau di Dispendukcapil Bali hanya mengeluarkan surat keterangan belum pernah menikah, tidak ada surat N1-N4. Jadi cek aja di Dispendukcapil dimana kamu tinggal, apakah hanya mengeluarkan surat keterangan belum pernah menikah atau pakai surat N1-N4.
    Untuk pemegang KTP Bali, surat keterangan belum pernah menikah dari Dispendukcapil ini sudah cukup. Ya hanya 1 surat saja. Nanti surat ini diterjemahkan dan dilegalisir di kedutaan Indonesia di Finlandia yang ada di Helsinki (KBRI).

    Saat saya menikah, saya tidak perlu legalisir surat keterangan belum pernah menikah ini di Kemenkumham. Tapi sekali lagi, beda daerah mungkin beda aturan ya. Kalau saya dengan KTP Bali, tidak perlu ke Kemenkumham. Cukup satu surat itu saja yang masih dalam bahasa Indonesia lalu dibawa ke KBRI di Helsinki untuk di legalisir dan diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

Baca juga: Cara Apply Visa Schengen Finlandia

Dokumen yang diserahkan ke Maistraatti

(Maistraatti ini sama seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) kalau di Indonesia).

Untuk menikah secara sipil di Finlandia, kamu bisa datang ke Maistraatti setempat dan mendaftarkan diri untuk menikah dan menyerahkan dokumen yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Surat keterangan belum pernah menikah yang sudah dilegalisir dan diterjemahkan oleh KBRI Helsinki.
  2. Passport kamu.
  3. Visa.
  4. Passport suami/istri/pasangan.

Untuk proses menikah di Maistraatti tidak dipungut biaya dan harus bikin appointment. Tetapi untuk mengajukan harus ke Maistraatti langsung pada hari dan jam kerja.

Pernikahan sipil di Finlandia tidak ada aturan mengenai agama. Jadi, enggak perlu bingung tentang masalah agama, di sini tidak jadi persoalan saat menikah. Kehadiran orang tua dan keluarga  juga tidak diperlukan. Cuman diperlukan dua saksi yang perlu hadir pada saat seremoni pernikahan seperti di Indonesia. 

Bagaimana setelah menikah di Finlandia?

Pengajuan residence permit

Setelah menikah, kamu bisa mengajukan residence permit/izin tinggal di Migri. Jadi enggak perlu balik ke Indonesia. Prosesnya kurang lebih selama 9 bulan, tergantung di kota mana kamu tinggal karena berapa lama prosesnya berbeda-beda. Kamu bisa mengajukan residence permit di Finlandia dan saat proses pengajuan itu kamu tidak boleh keluar dari Finlandia.

Apa yang harus dilakukan selama 9 bulan di Finlandia sambil menunggu terbitnya izin tinggal?

Kamu bisa ikut kursus bahasa Finlandia di tempat kursus yang bisa dilihat di finnishcourse.fi atau kamu juga bisa belajar di universitas-universitas yang membuka kelas-kelas khusus atau pelatihan. Kamu juga bisa bergabung di Facebook group komunitas Indonesia di Finlandia untuk bertemu dengan orang-orang Indonesia yang tinggal di Finlandia.

Selama masa menunggu residence permit, kamu juga bisa manfaatkan untuk jalan-jalan di Finlandia supaya tahu tempat-tempat wisata yang menarik di Finlandia. Atau bisa juga kamu manfaatkan untuk melakukan hobi kamu.

Masa integrasi

Kalau kamu sudah mendapatkan residence permit, kamu bisa ikut integrasi. Dimana kamu bisa ikut kursus bahasa Finlandia yang disediakan oleh pemerintah. Kursus bahasa ini gratis dan kamu juga akan mendapatkan uang tunjangan setiap bulannya.

Berapa lamanya proses integrasi ini juga berbeda-beda tiap tahun. Kamu bisa berkonsultasi dengan coach/personal advisor yang akan memandu rencana kamu ke depan selama tinggal di Finlandia, entah itu untuk belajar, bisnis atau bekerja.

Itu ya informasi lengkap dan persyaratan untuk menikah di Finlandia. Jika kamu masih ada pertanyaan lain tentang persyaratan menikah di Finlandia, langsung aja tanya di kolom komentar. Selain itu jika artikel ini bermanfaat please share ke teman-teman kamu because sharing is caring.

 

Referensi:

Maistraatti

Migri

Kedutaan Besar Republik Indonesia Di Finlandia