Setelah 2 tahun menjadi vegetarian, aku mulai berpikir untuk menjadi vegan. Tetapi aku merencanakan untuk belajar masak makanan vegan terlebih dahulu selama satu tahun sebelum aku beralih menjadi vegan, namun ketika aku dan suamiku nonton film dokumenter Cowspiracy, kami berdua memutuskan untuk menjadi vegan seketika itu juga. Berikut beberapa alasanku kenapa aku memutuskan dari vegetarian beralih ke vegan dengan tiba-tiba.

Beralih ke gaya hidup vegan untuk kesehatan

Menurut studi para dokter dalam film dokumenter Cowspiracy, What The Health dan Earthlings, lemak dari binatang bisa menyebabkan kanker, diabetes dan serangan jantung. Efek berbahaya bagi kesehatan bukan hanya terdapat pada daging merah, tapi juga ayam, makanan laut dan produk-produk olahan yang berasal dari binatang seperti susu, keju dan telur.

Dalam film dokumenter itu juga diperlihatkan bahwa hewan-hewan yang ada di peternakan tidak diperlakukan dengan standar kebersihan yang tinggi, bahkan untuk beberapa hewan juga harus mendapatkan suntikan antibiotik untuk memperbesar daging di tubuh hewan tersebut.

Manusia juga tidak membutuhkan susu sapi atau susu kambing, karena manusia juga tidak membutuhkan susu dari binatang lainnya misalnya susu kucing. Bayi manusia hanya butuh air susu dari ibunya sendiri, sedangkan manusia dewasa bisa mengonsumsi susu dari kedelai atau almond.

Susu sapi atau susu kambing mulai dikonsumsi manusia karena program marketing perusahaan peternakan yang membentuk opini publik bahwa manusia membutuhkan susu dari binatang. Tentu saja perusahaan peternakan melakukan hal itu untuk mendapatkan keuntungan. Jangan mudah percaya iklan ya…

Struktur gigi manusia juga tidak sama dengan struktur gigi hewan karnivora/hewan pemakan daging. Struktur gigi manusia lebih mirip dengan gigi hewan herbivora/hewan pemakan tumbuh-tumbuhan.

Mengonsumsi makanan dari produk-produk yang berasal dari hewan juga mudah membuat manusia kelebihan berat badan. Dengan beralih ke gaya hidup vegan, dengan hanya makan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan bisa membuat manusia menjadi lebih sehat dan dapat terhindar dari obesitas/kelebihan berat badan.

Beralih ke gaya hidup vegan karena aku mengasihi hewan

Hewan adalah makhluk hidup yang bisa merasakan stress, sakit dan senang. Hewan juga memiliki hak untuk hidup bahagia di bumi ini tanpa harus menjadi makanan manusia, dijadikan bahan fashion, dijadikan tontonan atau menjadi alat percobaan untuk laboratorium atau kosmetik.

Lihat saja, ketika hewan akan disembelih mereka ketakutan dan berusaha untuk lari. Sewaktu aku masih kecil, aku pernah melihat kambing yang mengeluarkan air mata ketika akan disembelih.

Dalam video yang direkam secara sembunyi-sembunyi di rumah jagal, hewan-hewan di peternakan diperlakukan dengan sangat kejam. Hewan-hewan tersebut dipukul, di injak-injak dan ada juga hewan yang dikuliti hidup-hidup. Coba bayangkan, pasti ngeri kan? Aku sampai nangis nonton video dokumenter itu. Kasihan banget lihat hewan-hewan diperlakukan dengan semena-mena oleh manusia hanya untuk memberikan kepuasan dan kesenangan hidup yang sementara. Bukankah lebih baik, antara manusia, hewan dan alam bisa hidup harmonis di muka bumi ini?

Beralih ke gaya hidup vegan karena manusia memiliki moral

Ada alasannya kan kenapa ibu-ibu tidak membawa anak-anaknya ke rumah jagal? Melainkan ibu-ibu akan membawa anak-anaknya ke kebun apel untuk memetik buah apel. Karena ibu-ibu tidak mau anaknya melihat horor hewan-hewan yang lemah dan tidak bersalah tetapi dibantai di rumah jagal.

Mari kita berpikir sejenak…

Manusia adalah makhluk hidup yang lebih pandai dari binatang, seharusnya sebagai superior/makhluk hidup yang lebih pandai, kita harus melindungi makhluk hidup yang lebih lemah dari kita. Bukannya malah memanfaatkan makhluk hidup yang lebih lemah untuk kepuasan dan kesenangan diri kita sendiri.

Manusia jaman dulu berburu binatang karena memang jaman masih kuno sehingga mereka hanya bisa cari makan dengan berburu, sedangkan jaman sekarang manusia memiliki pilihan yang lebih banyak. Tidak perlu lagi berburu binatang untuk makan.

Satu hal yang menjadi prinsip hidupku, “Perlakukan orang lain dan makhluk hidup lain sebagaimana kamu sendiri ingin diperlakukan.” Apakah kamu mau dibunuh untuk dijadikan makanan? Apakah kamu mau dikurung untuk dijadikan tontonan? Apakah kamu mau dikuliti hidup-hidup untuk dijadikan bahan fashion? Tanyakan hati nurani kamu dan renungkan.

Beralih ke gaya hidup vegan untuk kelestarian alam semesta dan lingkungan

Peternakan membutuhkan tempat yang luas, selain itu peternakan juga membutuhkan tumbuh-tumbuh’an dan air yang sangat banyak untuk memelihara hewan-hewan yang akan disembelih untuk dijadikan makanan manusia yang sanggup membeli daging. Sedangkan di dunia ini masih banyak manusia yang mati kelaparan karena kekurangan makanan dan air bersih. Alangkah lebih baiknya, manusia mengonsumsi hanya makanan dari tumbuh-tumbuhan.

Hutan juga ditebang untuk dijadikan lahan peternakan sehingga membuat binatang liar yang ada di hutan tersebut mati dan punah. Peternakan juga salah satu penyebab pemanasan global.

Perlakukan orang lain dan makhluk hidup lain sebagaimana kamu sendiri ingin diperlakukan. Click To Tweet

Dengan beralih menjadi vegan, sama halnya kamu membantu orang lain yang kelaparan dan kekurangan air bersih, dengan beralih menjadi vegan kamu bisa membantu mengurangi pemanasan global, dengan beralih menjadi vegan kamu bisa membebaskan hewan yang lemah dan tidak bersalah untuk bisa lepas dari penderitaan, dengan beralih menjadi vegan kamu bisa mengurangi resiko kesehatan diri kamu sendiri dari kanker, diabetes atau serangan jantung.

Banyak sekali manfaatnya untuk menjadi vegan. Yuk ambil bagian untuk membuat perubahan yang lebih baik. Jika belum mampu untuk jadi vegan sepenuhnya, kamu bisa jadi vegetarian terlebih dahulu atau paling tidak mulai membatasi mengonsumsi daging, misalnya hanya makan daging seminggu sekali. Kemudian jika sudah mampu, kamu bisa beralih sepenuhnya menjadi vegan.

Kamu bisa tonton film dokumenter Cowspiracy yang produsernya adalah Leonardo DiCaprio, aktor film Titanic dan aktivis lingkungan. Selain film dokumenter Cowspiracy, kamu juga bisa tonton film dokumentari What The Health dan Earthlings sehingga kamu bisa memiliki pengetahuan tentang efek negatif dari mengonsumsi produk-produk yang berasal dari hewan.

Apakah kamu sudah mulai beralih menjadi vegan? Share di kolom komentar ya. Selain itu jika artikel ini bermanfaat please share ke teman-teman kamu because sharing is caring.