Cara rebranding blog

September 11, 2017

Beberapa bulan ini saya cukup sibuk dengan kegiatan di belakang layar blog. Saya memutuskan untuk rebranding blog karena ingin lebih fokus untuk bisa berbagi kepada blogger dan pebisnis online wanita seperti kamu. Di artikel ini saya akan berbagi pengalaman saya tentang cara rebranding blog.

Rebranding blog adalah kegiatan yang sangat memakan waktu. Ada banyak hal yang harus diubah, mulai dari tujuan ngeblog, niche blog, target pembaca, konten, design & brand identity. Berikut penjelasan 5 cara rebranding blog.

  1. Tujuan ngeblog

    Pertama-tama, kamu harus mengetahui atau merevisi ulang apa tujuan ngeblog kamu sebenarnya. Apakah untuk latihan menulis, untuk mencari pekerjaan sebagai penulis atau untuk berbisnis dan menghasilkan uang dari blog.

    Tujuan ngeblog kamu bisa saja lebih dari satu, misalnya kamu ingin ngeblog untuk berbisnis dan mendapatkan penghasilan karena kamu ingin mendapatkan kebebasan waktu, bebas berkreasi, bisa bekerja dari rumah dan merdeka finansial. Selain itu kamu juga ingin menginspirasi wanita lain untuk bisa melakukan hal yang sama.

    Sebaiknya tujuan ngeblog kamu tidak hanya semata-mata mencari uang, kenapa? Karena mencari uang/penghasilan lewat blog butuh waktu. Namun jika tujuan ngeblog kamu hanya untuk menulis sebagai hobi, kamu bisa saja menetapkan tujuan jangka panjang blog kamu sebagai display tulisan kamu sehingga kamu bisa menjadikan blog kamu sebagai bisnis suatu waktu nanti.

  2. Niche blog

    Cara rebranding blog yang kedua adalah dengan menentukan niche blog. Ada bermacam-macam niche blog. Kamu bisa memilih salah satu kemudian kamu bisa membuat beberapa kategori dalam satu niche tersebut.

    Baca juga: Cara mencari niche blog yang tepat.

    Misalnya, kamu memilih niche blog tentang parenting. Kamu bisa membuat beberapa kategori yang masuk dalam niche parenting, misalnya kehamilan, bayi, anak, keluarga, review dan parenting advice. Kategori bisa dibagi antara 5-10 dalam satu niche blog.

    Bagaimana jika blog kamu saat ini adalah blog gado-gado? Teliti kategori mana yang paling banyak kamu tulis, kamu bisa menjadikan sebagai niche blog kamu.

    Jika kamu ingin menulis kategori lain yang jauh berbeda dengan niche blog kamu, kamu bisa menulisnya di blog yang lain. Misalnya niche blog kamu tentang parenting, sedangkan kamu ingin menulis tentang gadget, kamu bisa membuat blog baru dengan niche teknologi.

  3. Target pembaca

    Cara rebranding blog yang ketiga adalah menentukan siapa target pembaca blog kamu. Jika niche blog kamu tentang fitness maka target pembaca kamu adalah orang-orang yang suka fitness.

    Menentukan target pembaca ini sangat penting karena kamu tidak bisa menulis untuk semua orang, melainkan untuk target pembaca yang spesifik.

    Ketika kamu menentukan siapa target pembaca kamu, blog kamu akan lebih bermanfaat untuk sekelompok orang yang memang benar-benar membutuhkan informasi dari kamu.

  4. Konten

    Sesuai dengan niche blog yang telah kamu tentukan, tulislah artikel-artikel yang berkaitan dengan niche blog kamu. Tinggalkan metode lama dengan menulis blog gado-gado. Apalagi jika tujuan ngeblog kamu untuk bisnis dan ingin mendapatkan penghasilan.

    Ada ungkapan yang saya sukai dalam dunia blogging yaitu, “Add value, don’t just add noise”. Artinya berikanlah nilai tambah bagi orang lain dengan apa yang kamu tulis, jangan hanya sekedar menulis. Buatlah konten yang memiliki unsur mendidik, menginspirasi atau menghibur.

  5. Design & brand identity

    Satu hal lagi yang perlu diketahui oleh blogger tentang cara rebranding blog yaitu design &  brand identity.

    Kamu bisa mengubah logo dan tagline blog kamu. Sesuaikan logo, tagline dan desain blog dengan niche yang telah kamu pilih.

    Saya membuat brand guidelines mulai dari logo, tagline, font, dan warna blog yang saya pakai. Design & brand identity ini harus konsisten dengan gambar atau quote yang kamu gunakan di blog dan media sosial.

5 Cara rebranding blog yang perlu diketahui oleh blogger Click To Tweet

5 Cara rebranding blog ini adalah hal mendasar yang perlu kamu lakukan jika kamu ingin lebih fokus dengan blog kamu.

Membangun sebuah blog yang memiliki tujuan yang jelas, target pembaca yang spesifik, konten yang memberikan nilai tambah bagi orang lain serta desain yang cantik dan konsisten akan membuat aktifitas blogging kamu menjadi lebih efektif dan bermakna.

Apakah kamu ada rencana untuk rebranding blog kamu? Share di kolom komentar ya.

Selain itu jika artikel ini bermanfaat, please share ke teman-teman blogger kamu karena jika kamu suka berbagi itu tandanya bahwa kamu peduli dengan orang lain. Sharing is caring.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Dengan membangun blog & bisnis online, saya memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.


Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!