Cara menghilangkan patah hati

March 30, 2017

Putus cinta memang sakit rasanya. Apalagi ketika baru saja terjadi. Kenangan-kenangan manis bersama si dia pasti seringkali hadir di pikiranmu mulai dari bangun tidur hingga sepanjang hari. Namun jika kamu tahu cara menghilangkan patah hati, kamu tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan yang bisa mengakibatkan depresi.

Beberapa orang tidak sanggup menghadapi rasa sakitnya putus cinta hingga memilih untuk mengakhiri hidupnya. Saya yakin, kamu bukan tipe orang yang lemah dan mudah putus asa. Karena itu baca artikel ini sampai habis untuk mengetahui cara menghilangkan patah hati.

Cara menghilangkan patah hati yang pertama

Jangan menyalahkan dirimu atas berakhirnya hubungan kamu dengan si dia. Kamu mungkin saja telah melalukan kesalahan selama proses pacaran, namun kamu juga harus memikirkan kesalahan-kesalahan yang dia buat. Apakah dia orang yang sangat pencemburu, sering bohong, sering tidak menepati janji atau sangat pelit sama kamu.

Meskipun pikiran kamu memiliki kecenderungan untuk memikirkan kenangan-kenangan yang indah bersamanya, pikirkan juga bagaimana tidak sehatnya hubungan yang kamu bina selama ini. Bila perlu tuliskan sisi negatif dan sisi positif hubungan kamu selama ini, bandingkan lebih banyak sisi negatifnya atau sisi positifnya.

Cara menghilangkan patah hati yang kedua

Pada awal patah hati, bisa saja rasa cinta kamu pada dia akan semakin intens. Sehingga hal itu akan mempersulit proses move on. Jika yang terjadi demikian, kamu harus berpikir apakah kamu mau bersama dengan orang yang tidak lagi ingin bersamamu? Jika dia tidak lagi ingin bersamamu, lepaskan.

Hubungan asmara yang sehat itu harus dilandasi kemauan dua orang untuk bersama dan keduanya merasa bahagia dalam kebersamaan itu. Jika kenyataannya dia tidak bahagia bersamamu, hubungan kamu tidak layak untuk dipertahankan.

Cara menghilangkan patah hati yang ketiga

Berbagi cerita atau curhat pada orang-orang terdekatmu. Kamu bisa bercerita pada orang tua, keluarga atau teman. Perasaan sedih setelah patah hati itu wajar, karena itu jangan merasa malu untuk menceritakan kesedihanmu. Namun yang perlu diingat, kamu tidak perlu menjelek-jelekkan si dia. Tidak ada manusia yang sempurna, kita semuanya memiliki kekurangan masing-masing.

Ketiga cara ini adalah cara menghilangkan patah hati yang sangat efektif dilakukan karena pikiran kamu akan menjadi lebih obyektif. Kamu bisa mengetahui dengan jelas apakah hubungan kamu memberi manfaat positif atau malah memberi dampak negatif sehingga kamu akan lebih mudah untuk move on.

Proses dalam menghilangkan patah hati bisa menjadikan karakter kamu menjadi lebih kuat. Kamu akan belajar bagaimana untuk bisa bahagia tanpa kehadiran orang lain di hidupmu. Fokuslah untuk menjadi seseorang yang mandiri. Bahagia dan bangga dengan kehidupan kamu, sehingga kamu akan menarik perhatian pria lain untuk menjadi bagian dari hidupmu.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Dengan membangun blog & bisnis online, saya memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.


Esther Ariesta-Rantanen

  • ama suamiku yg skr ini, kita itu sempet putus nyambung pacarannya dulu :D.. dan pas putus aku pernah susah banget moved on…keinget mulu, kdg nangis sendiri pas di kantor… pdhl kalo jujur ya mba, sebelum2nya aku jg pernah patah hati, tapi ga sesakit itu rasanya… paling sedih 2-3 hari, trs lgs cari baru… ama suami ga bisa gitu :D.. tapi mungkin itu krn aku bener2 serius bgt dan pgn sampe ke pernikahan yaa, makanya susah utk ngilangin patah hatinya ;p.. dan kan kebukti, kita bisa balikan dan nikah 😀

    • Esther

      Semoga bahagia selalu ya mbak Fanny, thanks sudah berbagi kisahnya.

error: The content is protected !!