Apa itu niche?

Ketika kamu akan membangun sebuah blog, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan. Yaitu membangun blog dengan niche khusus atau tanpa niche. Niche adalah topik khusus pada sebuah blog yang ditujukan untuk target market yang spesifik. Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara mencari niche blog yang tepat.

Selain membahas tentang cara mencari niche blog yang tepat, saya juga memberikan 50 daftar niche blog yang bisa kamu download setelah kamu selesai membaca artikel ini.

Mega niche

Pada umumnya terdapat 3 niche besar yang paling sering dibuat sebagai topik blog. Saya menyebutnya sebagai mega niche.

  1. Niche tentang kencan, cinta dan hubungan asmara.
  2. Niche kesehatan.
  3. Niche keuangan.

Pertama kali saya membangun sebuah blog, saya mengambil niche tentang hubungan asmara untuk target market Australia. Di blog tersebut saya mempromosikan sebuah situs pencari jodoh.

Selain mega niche, ada lagi niche yang berdasarkan hobi atau minat tertentu seseorang. Misalnya niche game, fashion, mobil, sepak bola dan niche-niche lain yang tidak termasuk kebutuhan khusus manusia.

Perbandingan antara blog dengan niche khusus dan blog tanpa niche

Setelah saya amati, blogger wanita di Indonesia pada umumnya membangun sebuah blog tanpa niche. Blognya berisi tentang apa saja mengenai serba-serbi kehidupannya. Biasanya tujuan blogger ini hanya untuk berbagi cerita atau mengasah kemampuannya menulis.

Blogger yang menulis blognya dengan bermacam-macam topik seperti ini disebut sebagai lifestyle blogger. Cara menghasilkan uang dengan blog ini adalah dengan iklan. Misalnya mereview produk, memasang banner iklan atau menggunakan Google adsense.

Sedangkan blogger wanita di luar negeri lebih cenderung membangun sebuah blog dengan niche khusus. Mereka menghasilkan uang dari blognya dengan menjual produk dan jasanya sendiri.

Kelebihan dari blog dengan niche khusus

  1. Blog dengan niche khusus bisa menghasilkan uang dengan mengandalkan trafik dan pembaca yang tidak terlalu banyak. Sedangkan blog tanpa niche mengandalkan trafik yang besar untuk mendapatkan penghasilan.
  2. Dengan membangun sebuah blog dengan niche khusus akan membuat kamu dianggap sebagai ahli dibidangnya.
  3. Kamu juga dapat menjual produk dan jasa sendiri sesuai dengan kebutuhan target market.

Bagaimana cara mencari niche blog yang tepat

  1. Passion/minat

Mencari niche blog bisa disesuaikan dengan passion atau minat kamu. Misalnya kamu punya passion atau minat menulis, maka kamu bisa membangun sebuah blog yang membahas tentang seluk beluk kepenulisan.

  1. Hobi

Apakah kamu punya hobi menggambar, memasak atau mengoleksi prangko dari berbagai negara? Bisa tuh dijadikan niche blog.

  1. Kemampuan/keahlian

Jika kamu ahli dalam bidang akuntasi atau lulusan dari S1 akuntasi manajemen misalnya, bisa juga membuat blog tentang akuntansi.

  1. Permintaan pasar

Amati apa saja kebutuhan pasar saat ini yang belum terpenuhi. Terlebih lagi masalah-masalah yang dihadapi target market kamu sehingga kamu bisa menyelesaikan masalah mereka melalui konten blog kamu.

  1. Potensi penghasilan

Dengan melakukan survey apakah ada produk atau jasa di niche blog yang akan kamu pilih, bisa menjadi acuan apakah niche yang akan kamu pilih itu memiliki potensi untuk menghasilkan uang.

Apakah kamu akan mencari niche blog yang tepat?

Membangun sebuah blog untuk sekedar berbagi pengalaman sih boleh-boleh saja ya, tapi jika kamu bisa membangun sebuah blog yang sekaligus bisa untuk mendapatkan penghasilan, kenapa tidak?

Saya sudah menjelaskan dan memberi contoh bagaimana cara mencari niche blog yang tepat, tapi jika sampai saat ini kamu masih bingung untuk memilih niche yang tepat untuk blog kamu, silahkan download 50 daftar niche blog berikut ini.

Bagaimana dengan blog kamu sekarang ini, apakah kamu membangun sebuah blog dengan niche khusus atau tanpa niche sama sekali? Silahkan berbagi pengalaman kamu di kolom komentar.

Selain itu jika kamu menganggap artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan ke teman-teman blogger kamu yang lain because sharing is caring.