Menurut data OECD, Indonesia masih menduduki peringkat yang masih cukup rendah jika dibandingkan dengan negara lain di bidang pendidikan. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena masyarakat Indonesia pada umumnya masih belum menjadikan pendidikan sebagai hal mendasar yang perlu diutamakan.

Namun, jika kamu membaca artikel ini, kamu adalah pengecualian dalam hal ini. Karena ketertarikan kamu membaca artikel ini menjadi indikasi bahwa kamu termasuk orang yang suka belajar.

Terkadang memang ada kendala dalam belajar, misalnya kamu sedang menghadapi banyak masalah keluarga atau belum punya dana yang cukup untuk masuk kuliah. Itu tidak menjadi masalah, asalkan kamu selalu punya semangat untuk belajar.

Solusinya adalah kamu bisa belajar secara mandiri. Pendidikan tidak hanya bisa ditempuh di jalur formal, tetapi kamu bisa berinisiatif untuk melakukannya secara mandiri.

Dengan belajar secara mandiri, kamu bisa lebih bebas. Kamu bisa belajar di rumah, di kafe, atau dimanapun kamu bisa merasa nyaman untuk belajar. Berikut adalah 10 + 1 cara untuk belajar mandiri sehingga kamu bisa menambah pengetahuan dan keahlian.

Buku 

Kamu bisa membaca buku-buku panduan, buku biografi tentang orang-orang yang sukses di bidangnya, atau buku yang mengulas tentang ketertarikan kamu akan sesuatu hal. Buku-buku tersebut tersedia di perpustakaan dan di toko buku. Bahkan sekarang ini sudah banyak tersedia di toko buku online.

Podcast 

Jika kamu pengguna iPhone, kamu bisa mendengarkan podcast yang membahas banyak hal yang menarik disana. Misalnya tentang pengembangan diri, bisnis, atau kesehatan. 

Keuntungan dalam mendengarkan podcast adalah kamu bisa mendengarkannya saat kamu olahraga di gym atau sedang jogging di sekitar rumah.

TED Talks

Buat kamu yang lebih suka menonton video, TED Talks bisa menjadi pilihan. Menambah pengetahuan sambil menonton bagaimana cara pembicara tersebut menyampaikan ide-idenya bisa menjadi inspirasi kamu untuk menjadi pembicara.

Kursus Daring/Online

Saat ini ada banyak sekali penyelenggara kursus daring. Kamu bisa memilih kursus daring yang diselenggarakan oleh universitas atau profesional. Kursus daring yang paling populer adalah Coursera dan Udemy.

Webinar/Seminar Daring

Orang-orang yang ahli dalam bidang tertentu sering mengadakan seminar daring. Mereka sering menggunakan media seperti Zoom, Google Hangouts, atau Facebook Group.

Materi yang disajikan seperti bisnis online, pendidikan, psikologi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buku Elektronik/Ebook

Selain blog yang bisa kamu baca, buku elektronik yang tersedia di Google Play Books atau di perpustakaan online bisa menjadi pilihan kamu untuk membaca. Pilihannya tidak berbatas, selain itu tersedia juga dalam berbagai bahasa.

Film Dokumenter  

Menonton film yang sekaligus mendidik bisa dengan menonton film dokumenter. Ada film yang menjelaskan tentang ilmu pengetahuan alam, bisnis, dan ada pula kisah-kisah inspiratif dari tokoh-tokoh terkenal yang didokumentasikan.

Introspeksi Diri 

Perubahan dimulai dengan introspeksi diri. Kamu harus jujur dengan diri sendiri. Misalnya, dalam hal apa saja kamu perlu berubah, kekurangan apa yang kamu miliki, sehingga kamu bisa memperbaikinya. 

Setelah mengetahui hal apa saja dalam diri kamu yang perlu ditingkatkan, kamu bisa mencari informasi, panduan, dan inspirasi untuk mendukung perubahan yang kamu inginkan.

Diskusi 

Jika kamu memiliki komunitas yang sehat, dalam arti komunitas yang kamu ikuti berisi orang-orang yang termotivasi untuk belajar. Disana, kamu bisa berdiskusi dengan teman-teman kamu. Kamu bisa berdiskusi tentang pendidikan, passion, kehidupan, atau bisnis.

Mengamati Orang Lain

Penting juga untuk mengamati orang lain. Namun, mengamati bukan untuk menjadi bahan bergosip ya. Mengamati orang lain dengan tujuan untuk mempelajari hal apa saja yang membuat orang tersebut sukses, atau hal apa saja yang membuat orang tersebut gagal.

Seperti kata pepatah, pengalaman adalah guru terbaik, tetapi tidak terbatas pada pengalaman diri sendiri, kamu juga bisa belajar dari pengalaman orang lain.

Berpikir Kritis

Banyak orang bisa beropini atau mengutarakan pendapatnya. Nah, setiap orang bisa berpendapat sesuai dengan latar belakang pendidikannya, didikan orang tua di masa kecilnya, pengalaman hidupnya, dan dengan siapa dia bergaul. 

Jadi, kamu perlu untuk kritis dalam mendengarkan pendapat orang lain, siapapun itu. Sehingga tidak langsung diterima begitu saja. 

Itu adalah 10 + 1  cara belajar mandiri agar kamu bisa menambah pengetahuan dan keahlian kamu. Kamu bisa belajar dimana saja dengan bermodalkan hp, laptop, dan koneksi internet. Sebagian harus mengeluarkan investasi, tetapi sebagian bisa kamu dapatkan secara gratis.

Tidak ada alasan lagi kan untuk tidak belajar? Karena banyak cara untuk bisa belajar mandiri tergantung dari cara belajar yang kamu sukai. Kamu bisa belajar dengan membaca buku, mendengarkan podcast, menonton film dokumenter, atau  mengikuti kursus daring.

Apakah kamu punya cara lain untuk belajar mandiri? Bagikan di kolom komentar ya, agar bisa berbagi dengan sister-sister kamu yang lain.

2 Comments

  1. Awi Metalisa

    Beberapa kali ikut seminar online memang kebanyakan soal digital marketing dan alhamdulillah sih dapet ilmu lagi. Kalau podcast masih jarang dengerin.

    Reply
    • De Ihat

      Kalau aku sih kak masih di tahap baca buku, dengerin podcast, nonton video, diskusi, gabung komunitas. Pengen banget buat kursus daring atau ikutan webinar cuma jam nya bentrok sama jam kerja. Hiii makasih kak ilmunya salam kenal 🙂

      Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

error: The content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This