Cara apply visa schengen Finlandia

December 26, 2016

Cara mengajukan visa schengen ke Finlandia

Cara pengajuan visa schengen Finlandia

Kedutaan Finlandia di Jakarta

Informasi khusus untuk pengajuan visa schengen ke Finlandia dengan undangan dari warga negara Finlandia sebagai teman atau pacar. Visa yang diajukan maksimum 90 hari. Website yang bisa kita akses adalah website kedutaan Finlandia yaitu http://www.finland.or.id/ langsung klik bagian visa. Disitu akan ada keterangan dokumen apa saja yang kita butuhkan. Untuk pengajuan visa schengen ke Finlandia hanya bisa dilakukan lewat telepon untuk membuat janji penyerahan berkas. Selain itu untuk pengajuan visa yang pertama kali harus datang ke kedutaan Finlandia di Jakarta untuk rekam sidik jari. Data rekam sidik jari dapat digunakan selama 5 tahun. Jika kamu mau mengajukan visa lagi dalam kurun waktu 5 tahun, kamu tidak perlu datang ke kedutaan lagi. Kantor kedutaan Finlandia ada di Kawasan Mega Kuningan, Jakarta. Di gedung Menara Rajawali. Di gedung ini ada beberapa kedutaan dari negara lain juga. Pengamanan gedung ini lumayan ketat. Untuk masuk ke dalamnya kita harus melalui pemeriksaan yang ketat, namun semua security disana cukup ramah. Petugas penerima berkas visa hanya ada satu atau dua wanita Indonesia meskipun didalam terlihat ada beberapa officer lain dari Finlandia dan Indonesia. Suasana sangat sepi karena penyerahan berkas diatur lewat appointment. Tidak ada kata antri disini.

Dokumen untuk pengajuan visa schengen ke Finlandia

  1. Form aplikasi visa. Bisa di download dari website kedutaan.
  2. Cek list dokumen. Bisa di download dari website kedutaan.
  3. Form itinerary. Disini kita harus menulis jadwal kunjungan ke negara schengen mana saja yang kita tuju. Walaupun visa schengen bisa berlaku di semua negara-negara schengen, kamu akan diberi peringatan bahwa visa kamu hanya berlaku di negara-negara sesuai form itinerary ini. Peringatan ini diberikan dalam bentuk note jika visa disetujui.
  4. Pas Foto terbaru ukuran 3,5 x 4,5 cm 1 lembar. Kamu bisa minta ke studio foto untuk foto khusus visa, karena foto wajah harus tampak jelas tanpa ada editing apapun.
  5. Passport yang masih berlaku. Minimal untuk tanggal expired passport adalah 3 bulan setelah masa kunjungan visa berakhir.
  6. Foto copy passport.
  7. Print out tiket pesawat pulang pergi. Sebaiknya jangan beli tiket dulu sebelum visa disetujui untuk menghindari stress karena menunggu kepastian diterbitkannya visa, lebih baik kamu minta travel agent untuk print tiket booking tanpa beli dulu, setelah visa disetujui baru beli tiketnya.
  8. Form akomodasi/tempat tinggal/hotel.
  9. Surat keterangan kerja dari tempat kamu bekerja yang menyatakan bahwa kamu memiliki pekerjaan yang bagus di Indonesia. Dalam surat ini pimpinan perusahaan kamu harus menjamin bahwa kamu akan kembali ke Indonesia setelah masa visa kamu habis berlaku. Jika ad, lampirkan juga foto copy print out slip gaji kamu selama 3 bulan terakhir. Untuk lebih kuat lagi, sertakan juga surat kontrak kerja. ( 3 dokumen ini sangat penting karena pihak kedutaan tidak akan mencurigai bahwa kamu akan menjadi tenaga kerja ilegal disana sehingga pihak kedutaan benar-benar harus memiliki bukti yang kuat bahwa kamu pasti kembali ke Indonesia. Mungkin saja karena banyak kasus penyalahgunaan visa sehingga orang Indonesia harus melampirkan dokumen-dokumen ini. Ingat bahwa, pihak kedutaan bisa saja memverifikasi kebenaran dokumen-dokumen ini dengan menelfon tempat kerja kamu. Surat keterangan kerja harus dalam bahasa Inggris, slip gaji dan kontrak kerja bisa dalam bahasa Indonesia.  )
  10. Foto copy buku tabungan 3 bulan terakhir. Buku tabungan ini juga untuk membuktikan bahwa kamu punya uang pemasukan selama di Indonesia termasuk gaji 3 bulan terakhir. Selain itu juga sebagai jaminan bahwa kamu bisa membiayai semua pengeluaran selama berlibur.
  11. Asuransi perjalanan untuk negara-negara schengen minimum mengcover 30,000 Euro. Saya kemarin pakai asuransi dari ACA. ACA memberikan jaminan pengembalian 75% dari total asuransi yang dibayarkan jika visa ditolak, sebagian dari asuransi lain memberikan jaminan pengembalian 100%. Sistem asuransi perjalanan ACA adalah reimburse, dimana jika terjadi sesuatu hal dimana disebutkan dalam clausa perjanjian di asuransi, kita harus memakai uang kita terlebih dahulu, baru kemudian kita bisa claim kembali uang yang telah kita pakai setelah kita kembali ke Indonesia. Sistem asuransi reimburse ini kurang tepat jika kamu tidak memiliki dana cadangan yang besar untuk mengcover biaya dari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi saat kamu berlibur. Sistem asuransi lain selain reimburse adalah, kita dapat langsung mendapatkan perawatan ataupun dana bantuan jika diperlukan. Sistem asuransi langsung seperti ini biasanya jauh lebih mahal daripada sistem asuransi dengan sistem reimburse.
  12. Foto copy identitas : Kartu Keluarga, KTP, kartu mahasiswa, surat/akta kelahiran dan sertikat pernikahan ( lampirkan semua foto copy dokumen ini jika kamu punya. )
  13. Surat undangan dari orang yang mengundang kamu kesana. Contoh surat undangan ini ada di website kedutaan. Kamu bisa menirunya dan bisa memberikan tambahan penjelasan bahwa teman atau pacar kamu benar-benar mengundang kamu datang ke Finlandia hanya untuk berlibur. Pihak pengundang bisa juga memberikan jaminan support finansial selama kamu berlibur ke Finlandia. Ada baiknya juga memberikan penekanan bahwa tujuan dia mengundang kamu hanyalah untuk berlibur dan kamu pasti kembali ke Indonesia.
  14. Foto copy passport pihak pengundang.
  15. Foto copy print out tabungan pengundang 3 bulan terakhir. Sebagai jaminan bahwa pihak pengundang memiliki dana untuk memberikan support finansial selama kamu berlibur.
  16. Biaya visa Rp. 900,000,- dibayarkan secara tunai di kasir kedutaan saat mengumpulkan dokumen. Biaya ini tidak akan dikembalikan walaupun visa kamu ditolak.

Interview pengajuan visa schengen Finlandia

Saat mengumpulkan berkas dokumen pengajuan visa schengen, petugas visa akan meneliti semua dokumen dan akan mewawancarai kamu. Pertanyaan yang sering diajukan adalah :

  • Apa tujuan kamu ke Finlandia?
  • Berapa lama?
  • Siapa yang menanggung biaya liburan kamu selama di Finlandia?
  • Apakah kamu akan kembali ke Indonesia?

Jika petugas visa mencurigai aplikasi kamu, misalnya kamu belum pernah bertemu sama sekali dengan pihak pengundang, maka dia akan mewawancarai kamu lebih lama lagi dengan pertanyaan-pertanyaan tambahan.

Setelah interview selesai, kamu akan mendapatkan kuitansi untuk pengambilan visa kamu jika disetujui. Jika visa ditolak, kuitansi itu bisa untuk mengambil passport kamu. Maksimal proses visa adalah 15 hari kerja, hari Sabtu dan Minggu tidak dihitung. Sebaiknya ajukan visa minimal 1 bulan sebelum tanggal keberangkatan untuk menghindari rasa panik dan was-was saat menunggu proses pengajuan visa.

Informasi tambahan dalam pengajuan visa schengen Finlandia

Jika kamu amati semua berkas untuk pengajuan visa, sepertinya pihak kedutaan menginginkan bahwa tujuan kamu ke Finlandia hanyalah berlibur dan pasti kembali lagi ke Indonesia. Meskipun tidak semua orang bertujuan hanya untuk berlibur, bisa jadi ada orang yang akan menikah dan hidup bersama dengan warga negara Finlandia. Namun sepertinya pihak kedutaan was-was dengan potensi untuk tinggal dan bekerja secara ilegal, sehingga saat pengajuan visa, lebih baik hanya bertujuan untuk wisata. Penyalahgunaan visa yang mungkin saja sering terjadi membuat orang-orang innocent yang tidak punya niat buruk harus berurusan dengan birokrasi yang cenderung berbelit-belit. Besarnya uang kamu dan pengundang juga menjadi faktor penting sebagai jaminan bahwa kamu dan pihak pengundang dapat mengcover pengeluaran kamu selama di Finlandia.

Beginilah visa schengen ke Finlandia jika disetujui akan ditempel di passport kamu.

cara apply visa schengen Finlandia

Good luck jika kamu akan apply visa schengen ke Finlandia!

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Saya membangun blog & bisnis online agar saya dapat memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.
Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!