Apa itu cinta?

January 19, 2016

Apa itu cinta?
Apa yang membuatku memikirkan dirimu siang dan malam?
Apa yang membuatku menaruh kebahagianmu sejajar sama pentingnya dengan kebahagiaanku?
Apa yang membuatku mau melakukan segala hal untukmu tanpa mengharapkan imbal balik?
Apa yang membuatku melihatmu sebagai satu-satunya laki-laki di dunia ini?
Inikah cinta?

Apa itu cinta?
Penulis lagu mendeskripsikannya, “Ketika kamu dekat, aku mendengar simfoni lagu.”
Shakespeare mengatakan, “Cinta itu buta dan orang yang sedang jatuh cinta tidak bisa melihat.”
Aristotle mengatakan, “Cinta terdiri dari satu jiwa  di dalam dua tubuh.”
Psikolog modern mendefinisikannya sebagai keinginan yang begitu kuat untuk bersatu secara emosional dengan orang lain.
Kabir, penulis puisi dari India berkata, “Tempatnya cinta sangat kecil; hanya ada ruang untuk satu orang.”
Apakah ini cinta?

organ-hati

letak jantung

 

Cinta adalah reaksi kimia di otakmu. Cairan-cairan kimia inilah yang membuatmu merasa senang, reaksi cairan kimia ini tidak akan bertahan selamanya. Perasaan dan emosimu berasal dari otak bukan dari jantung atau hatimu. Jantungmu adalah organ  yang berfungsi untuk memompa darah sedangkan hati adalah kelenjar yang memiliki banyak fungsi khususnya dalam sistem pencernaan pada manusia dan sistem ekskresi. Organ memiliki fungsi tetapi tidak memiliki perasaan atau emosi.

 

Arti cinta

 

Apa itu cinta?
Ilmu pengetahuan yang mempelajari kinerja otak mengatakan bahwa cinta adalah dorongan seperti kita sedang haus.
Ketika kita mengidam-idamkan seseorang.
Sangat normal dan natural untuk kehilangan kendali pada saat-saat pertama kali kita merasakan asmara.
Cinta, seperti rasa haus, akan membuatmu melakukan hal-hal yang aneh.
Jatuh cinta seperti orang yang kecanduan.
Apakah ini cinta?

Dicintai secara mendalam oleh seseorang dapat memberimu kekuatan, sedangkan mencintai seseorang dengan mendalam memberimu semangat. – Lao Tzu

Apa itu cinta?
Cinta adalah kondisi dimana kebahagiaan orang lain penting bagimu. Cemburu adalah sebuah penyakit, cinta adalah kondisi yang sehat. Pemikiran yang belum matang sering salah dalam mengartikan keduanya, mereka berfikir jika rasa cinta itu besar maka rasa cemburunya juga besar. Kita semua memiliki kebutuhan dan keinginan. Kita semua menginginkan kebahagiaan untuk diri kita sendiri dan orang lain. Ketika kebahagiaan orang lain sangat penting untuk kebahagiaanmu, itulah cinta.
Apakah ini cinta?

Apa itu cinta?
Apakah ini ketika kamu menciumku dengan sangat lembut dan bergairah?
Cinta dan nafsu adalah dua hal yang berbeda. Kebanyakan orang bingung membedakan mana cinta dan mana nafsu, terkadang orang-orang juga mengartikan cinta adalah nafsu.
Cinta itu tidak ada kaitannya dengan ciuman. Ketertarikan fisik tidak ada hubungannya dengan cinta.
Yang paling penting dalam cinta adalah bagaimana dia memperlakukanmu dan apa yang kamu rasakan saat berada didekatnya.
Terkadang meskipun ada pria yang sudah memperlakukanmu dengan baik, mereka jugalah yang membuatmu patah hati.
Setelah janji dibuat, setelah dideklarasikan, kamu tidak harus percaya sepenuhnya bahwa pria yang kamu cintai akan mencintaimu lagi besok atau malahan bisa saja dia tidak mengerti apa cinta itu.

Cinta adalah dorongan yang paling kuat di dunia ini. Pahamilah, manfaatkanlah dan bangunlah dengan dasar cinta. Mencintai dengan kejujuran dan ketulusan hati, dan biarkan cintamu menjadi contoh di dunia ini.

Cinta itu sangat berresiko tinggi karena melibatkan kehendak orang lain, kamu tidak bisa mengontrolnya sama sekali. Orang yang kamu pikir satu-satunya orang di dunia ini yang kamu percaya tidak akan pernah menyakitimu, bisa jadi dia yang akan meninggalkanmu dan tidak akan pernah lagi mengingatmu dan bahkan tidak perduli bahwa hal itu sangat membuatmu sakit hati. Itulah cinta. Kamu tidak bisa mengukurnya dari ciuman dan pelukan atau berapa banyak bunga mawar yang kamu dapatkan darinya. Yang bisa kamu lakukan adalah berusaha menjadi dirimu yang terbaik  sehingga membuatmu bangga dan menemukan laki-laki yang bisa menghargai dirimu dan nikmatilah apa yang kamu dapatkan dari cintanya tanpa harus melekat pada semua itu, sehingga jika suatu saat laki-laki itu berhenti mencintamu, tidak akan menjadi masalah besar untukmu.

[pullquote]Cinta saja tidak cukup untuk membuat sebuah hubungan pacaran atau pernikahan langgeng – diperlukan kecocokan dalam banyak hal dan juga komitmen dari kedua belah pihak.[/pullquote]
Kita menghabiskan waktu dalam hidup kita berharap tentang cinta, menginginkannya, membutuhkannya, mencarinya, dan berusaha mempertahankannya. Cinta adalah hadiah terbesar dari kehidupan, tidak ada satupun dalam hidup ini yang bisa menandingi apa yang bisa diberikan oleh cinta sejati yang setia pada kita, tapi hanya sedikit dari kita yang mendapatkannya atau yang bisa mempertahankannya dalam jangka waktu yang panjang. Cinta sangat menakjubkan tapi jangan percaya 100%. Kamu hanya bisa percaya pada dirimu sendiri. Nikmati ciuman yang sangat menggairahkan, tapi jangan menilainya sebagai sebuah janji. Bahkan terkadang pernikahanpun diistilahkan seperti janji kue pia, mudah dibuat, mudah juga diremukkan,  bahkan sebuah pernikahan itu seringnya adalah seperti yang Dr. Phil katakan, “Hanya sesuatu yang kita miliki sementara waktu.” Bagian dari proses pemikiran yang dewasa, kuat, mandiri adalah menerima kenyataan tentang cinta apa adanya.

Jatuh cinta adalah bagian yang paling mudah, tapi membangun sebuah hubungan pacaran atau pernikahan yang sehat perlu usaha dari kedua belah pihak. Menemukan pasangan yang cocok dalam banyak hal dan juga sekaligus kamu cintai, adalah formula untuk membangun sebuah hubungan yang sehat dan tahan lama. 

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Saya membangun blog & bisnis online agar saya dapat memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.
Esther Ariesta-Rantanen

  • Suka dengan kalimat : Cinta adalah hadiah terbesar dari kehidupan, tidak ada satupun dalam hidup ini yang bisa menandingi apa yang bisa diberikan oleh cinta sejati yang setia pada kita…
    Hidup akan sangat indah dan menyenangkan kalau dinaungi oleh cinta dari orang-orang terdekat ya mba ;).

  • hehe, keren puisinya ......

error: The content is protected !!