7 Alasan Kenapa Aku Suka Membaca Buku

Menimba ilmu dengan membaca buku.

Membaca komik dan majalah bahasa Inggris kerap kulakukan saat aku masih duduk di sekolah dasar. Hingga kini aku masih suka membaca. Membaca bukanlah sebuah hobi. Walaupun sewaktu aku kecil, aku sering menyebutkannya. Bagiku membaca buku menjadi sebuah kebutuhan yang tak terelakkan. 

Namun, jangan dikira kalau aku tumbuh di lingkungan yang gemar membaca. Aku berusaha memperkenalkan buku kepada siapa saja, tapi sering tidak ada sambutan hangat. Padahal pengetahuan merupakan salah satu kunci untuk mengubah kehidupan menjadi lebih baik dari hari kemarin. 

Ada banyak alasan kenapa aku suka membaca buku. Kali ini aku akan membagikan 7 alasan kenapa aku suka membaca buku.  Semoga pengalamanku ini bisa membangkitkan semangat membaca kamu juga, ya.

Menambah Pengetahuan

Meskipun aku tidak pernah kuliah di jurusan psikologi, buku-buku tentang psikologi yang aku baca menambah pengetahuanku. Sebagai contoh, aku belajar tentang strategi untuk memiliki kehidupan pernikahan yang bahagia dari buku-buku yang ditulis oleh Dr. John Gottman, seorang psikolog dan peneliti.

Mendapatkan Inspirasi

Aku suka membaca kisah seseorang yang pernah berusaha untuk menggapai impiannya dan tercapai. Sebagai contoh, buku Berhasil Karena Iman yang bercerita tentang seorang wanita yang berusaha untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri dan berhasil mendapatkannya. Setelah membaca buku itu aku terinspirasi dan bersemangat meraih impianku. 

Mengusir Kesedihan

Ada pula buku yang menghiburku saat aku bersedih. Ketika membaca buku yang dibumbui humor, aku bisa lupa dengan masalahku. Pikiranku fokus dengan cerita yang disajikan, senyumku kembali mengembang. Aku merasa optimis lagi dalam menjalani kehidupan. Buku-buku yang ditulis oleh Ajahn Brahm menjadi pilihanku karena mampu mengusir kesedihan.

Mengubah Pemikiran

Buku yang memiliki kekuatan adalah buku yang bisa mengubah pemikiran. Pemikiran yang sudah usang patut untuk dibuang. Namun, untuk mengusirnya tidak semudah membuang sampah. Diperlukan pemikiran orang lain yang dituangkan lewat tulisan untuk mempengaruhi. Seperti buku Rich Dad Poor Dad yang membuat pikiranku berubah 180 derajat. Aku yang awalnya tidak ingin berbisnis, menjadi ingin berbisnis. Sungguh ajaib. 

Melatih Empati 

Membaca kisah-kisah orang lain melewati duka lara, berusaha mencipta bahagia, dan terkadang dipenuhi dengan air mata. Semua itu membuatku menyadari bahwa sesungguhnya kita semua sama. Manusia yang memiliki perasaan setipis kapas. Semua orang patut diperlakukan dengan hormat dan cinta kasih. 

Menulis Lebih Baik

Manfaat lainnya untuk menambah kosakata serta ilmu baru yang bisa membuat tulisan menjadi ‘kaya’. Aku juga berlatih untuk mengamati tulisan yang simpel maupun yang kompleks. Sehingga aku tahu tipe tulisan mana yang aku sukai dan ingin aku tiru. Tentu saja gaya tulisanku ini dipengaruhi oleh penulis-penulis lain.

Pengantar Tidur

Ketika mata sulit terpejam di malam hari. Aku meraih sebuah buku atau ebook reader. Setelah membaca beberapa halaman, mata dan pikiranku menjadi lelah dan mengantuk. Membaca buku merupakan cara yang paling mudah dan menyenangkan untuk bisa terlelap tidur dengan cepat.

Baca juga : Buku Antologi Kisah Inspiratif Bloger Wanita Indonesia

7 alasan kenapa membaca buku sangat penting untuk dilakukan setiap hari. Karena dengan membaca buku bisa menambah pengetahuan, mendapatkan inspirasi, mengusir kesedihan, mengubah pemikiran, melatih empati, menulis lebih baik, dan sebagai pengantar tidur.

Jika tumbuhan saja perlu disiram air dan diberi pupuk agar bisa berkembang menghasilkan bunga atau buah, begitu juga dengan pikiran manusia perlu dirawat dengan membaca buku-buku yang bermanfaat dan bisa membuat pikiran berkembang sehingga menghasilkan buah pikiran yang bisa dinikmati oleh banyak orang yang membutuhkan. 

1 Comment

  1. Andrea Aldy

    Kalau melihat banyaknya manfaat yang didapat setelah kita membaca buku, harusnya banyak orang yang suka baca buku ya kak. Tapi kalau melihat kenyataan, lemesnya lebih banyak yang pegang gadget.

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait

error: The content is protected !!

Pin It on Pinterest

Share This