5 Tip Simpel Agar Tetap Positif di Tengah Situasi yang Negatif

Apr 10, 2020 | Sehat Mental | 1 comment

Kita tidak bisa mengendalikan hal-hal buruk terjadi pada diri kita, namun kita bisa mengendalikan sikap kita dalam menghadapinya.

Hidup itu tidak hanya tentang kebahagiaan, tetapi ada kesedihan. Terkadang kita mendapatkan apa yang kita inginkan, namun kita juga harus rela saat kehilangan.

Hal-hal buruk yang menimpa diri kita, dialami juga oleh orang lain. Kapan dan dimana, itu saja yang membedakan. Karena tidak semua hal di dalam kehidupan ini bisa kita kendalikan.

Seperti halnya wabah penyakit, bencana alam, kematian, atau perlakuan buruk yang kita terima dari orang lain merupakan bagian dari kehidupan yang tak terelakkan. 

Ketika semua itu terjadi pada diri kita, menjaga pikiran agar selalu positif dan tetap bersikap baik menjadi sebuah kesulitan. Namun, jangan putus harapan, kita bisa mencoba 5 tips simpel berikut ini agar tetap positif di tengah situasi yang negatif.

Afirmasi

Apa yang sering kita katakan pada diri sendiri ada efeknya bagi diri kita. Kita harus membiasakan afirmasi positif dengan mengatakan hal-hal yang baik pada diri sendiri.

Kita bisa membuat daftar kata-kata afirmasi yang bisa kita tempelkan di depan meja kerja kita atau bisa juga kita ucapkan setiap hari. 

Menulis Ungkapan Syukur

Menuliskan apa yang kita syukuri di buku harian yang kita lakukan setiap hari bisa membuat kita menyadari bahwa apa yang kita miliki teramat sangat banyak. 

Ketika saya menuliskan ungkapan syukur, saya cukup menuliskan satu hal saja, kemudian saya tambahkan alasannya, kenapa saya mensyukuri hal tersebut.

Meditasi 

Meditasi yang saya sebutkan disini tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan agama apapun. 

Kita hanya duduk dengan mata tertutup dan fokus pada pernafasan. Meditasi bisa menggunakan panduan yang banyak tersedia di App Store atau bisa juga tanpa panduan.

Meditasi bisa membuat kita menjadi lebih tenang dengan tidak membiarkan otak kita berpikir terus-menerus tentang segala hal yang sedang terjadi. Otak kita butuh dilatih untuk fokus pada hal-hal yang kita inginkan.

Mengubah Persepsi

Kita bisa mengubah makna hal-hal buruk yang terjadi pada diri kita. Misalnya ada teman yang menghina kita, kita bisa memilih untuk memaafkan teman kita tersebut. Gunanya adalah untuk melatih kesabaran.

Dari kejadian itu kita juga bisa belajar bahwa kita jangan sampai melakukannya pada orang lain, karena kita sendiri tidak suka menerimanya.

Memilih Lingkungan Pergaulan

Ini adalah cara yang paling ampuh dari sekian cara. Lingkungan pergaulan kita sangat berpengaruh bagi kita. Jika kita bergaul dan sering menghabiskan waktu dengan orang-orang yang sering mengeluh dan cenderung membicarakan masalah, lambat laun itu akan mempengaruhi kita.

Sebaliknya, jika kita bergaul dan sering menghabiskan waktu dengan orang-orang yang optimis, lebih suka membicarakan solusi dari suatu masalah dan bersemangat dalam menjalani kehidupan, lambat laun kita juga akan ikut tertular semangatnya.

Menjaga sikap kita di saat menghadapi situasi buruk memang tidak selalu mudah. Namun, kita perlu melatih diri kita agar selalu bisa bersikap positif di tengah situasi yang negatif.

1 Comment

  1. Hilmi

    Berserah pada Tuhan saja, yang penting kita sudah maksimal mencegah..

    Reply

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ABOUT ME

Hai Sister, selamat datang di blog saya!
Blog ini saya tujukan untuk perempuan kuat seperti kamu yang ingin selalu belajar, bertumbuh, dan ingin menjadi versi terbaik dirimu. Baca lebih lanjut tentang saya di sini. Selamat membaca!

CONNECT

Pin It on Pinterest

Share This