5 Kutipan favorit yang mengubah hidupku

October 5, 2017

Setiap orang memiliki role models dan hal-hal lain yang memberikan inspirasi untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan kuat. Inspirasi memang bisa datang dari siapapun dan dari apapun juga termasuk dari quote atau kutipan favorit. Berikut daftar 5 kutipan favorit yang mengubah hidupku.

Dimana ada kemauan disitu ada jalan

Kutipan ini sangat simpel dan sangat sering kita dengar. Tapi bagaimana mengaplikasikan petikan ini dalam hidup kamu sendiri?

Bagi saya, quote ini sangat powerful dan selalu saja terngiang di telinga saya ketika saya sedang menghadapi tantangan atau sedang dalam keraguan. Yep, there’s a will, there’s a way.

Misalnya, saat saya ingin sekali kuliah tetapi ibu saya dan kakak saya tidak mengijinkan dengan alasan bahwa kuliah itu mahal dan juga karena saya seorang wanita, jadi tidak terlalu perlu untuk sekolah tinggi-tinggi. Namun saya kekeuh untuk kuliah, walaupun saya harus menunda selama 2 tahun untuk bekerja terlebih dahulu.

Saya bisa memaklumi pemikiran keluarga saya karena saya berasal dari keluarga yang sederhana dan belum ada satupun dari keluarga saya yang kuliah. Saya sendiri memiliki pandangan lain bahwa hanya dengan pendidikanlah saya bisa mengubah hidup saya menjadi lebih baik. Karena itu saya benar-benar bekerja keras untuk mewujudkan cita-cita saya agar bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi walaupun harus kerja di pagi hari dan kuliah di sore hari. Setelah saya lulus kuliah, akhirnya adik saya juga mengikuti jejak saya untuk kuliah juga.

Contoh lainnya dalam hidup saya adalah ketika saya akhirnya menikah dengan pria impian saya. Sudah beberapa kali ibu saya bilang ke saya, “Sudahlah nikah dengan orang sini-sini saja, jangan terlalu berambisi untuk nikah dengan laki-laki impianmu. Enggak nikah-nikah nanti”. Ada juga saudara saya yang bilang ke saya sambil tertawa, “Kok kamu enggak nikah-nikah sih?”.  Nah ada lagi, ini adalah kata-kata terkejam yang keluar dari mulut teman saya pada saat saya menghadiri pernikahannya. Waktu itu entah saya ngomong apa ke dia, tiba-tiba temen saya yang nikah itu nyeletuk, “Emang ada ya yang mau nikah sama kamu?”, kemudian dia tertawa.

Seperti yang sudah saya ceritakan di artikel Cerita Cintaku bahwa saya gagal pacaran berkali-kali. Saya pernah dibohongi, diselingkuhi, dihina & diancam oleh mantan-mantan pacar saya. Ditambah lagi dengan omongan-omongan dari orang-orang di sekitar saya yang tidak memotivasi sama sekali, membuat saya juga pernah down dalam masa pencarian pria impian saya.

Namun kutipan favorit saya, “Dimana ada kemauan disitu pasti ada jalan” selalu terngiang di telinga saya dan membuat saya terus berusaha. Hasilnya? Saya benar-benar menikah dengan pria impian saya. Pria yang memiliki kriteria yang sudah saya tetapkan.

Kamu adalah kamu

Saya dulu sering mendengarkan kata-kata orang lain tentang diri saya, kamu itu orangnya begini lho, kamu itu orangnya begitu lho and another BS. Waktu saya masih remaja, saya juga suka banget baca-baca tentang zodiak dan ramalan bintang.

Untuk mengetahui siapa kamu sebenarnya bisa lewat test kepribadian dan diri kamu sendiri yang harus merenungkan tentang dirimu. Tentang apa yang kamu suka dan tidak suka. Apa yang kamu perbolehkan dan tidak perbolehkan ada dalam hidupmu. Apa yang kamu percaya dan tidak kamu percaya. Semua ini dirimu sendiri yang harus mencari tau dan menentukan, bukan orang lain, bukan ramalan bintang dan bukan juga orang tuamu. Karena kamu adalah kamu.

Dengan kutipan favorit saya, “You are you, kamu adalah kamu”, membuat saya lebih PD dengan diri saya, dengan opini saya dan dengan apa saja yang saya lakukan. Karena setiap orang itu unik & memiliki kelebihannya masing-masing.

Ikuti kata hatimu & percaya pada dirimu sendiri

Kita hidup dengan banyak orang di sekitar kita. Kadang ada orang-orang yang dengan senang hati memberikan pendapat yang tidak kita minta. Dan kadang juga kita lebih percaya orang lain daripada diri sendiri. Termasuk dalam hal memutuskan sesuatu hal yang sepele maupun yang penting untuk diri sendiri.

Saya dulu sering tanya ke teman saya, “Saya cocoknya pakai baju apa ya hari ini?”, atau “Saya cocok enggak ya pakai baju ini?”. Nah teman saya dengan sengan hati memberi opini, “Aduh kurang cocok ya kamu pakai baju itu, kamu cocoknya pakai baju ini lho”. Waktu itu saya manut saja dengan pendapat teman saya.

Waktu berlalu, ketika saya melihat baju yang dulu dipilih oleh teman saya untuk saya, kok keliatan enggak OK banget ya bajunya. Dari situ saya belajar dan berubah, saya tidak lagi bertanya ke teman-teman saya atau orang lain mengenai hal-hal yang berkaitan dengan diri saya. Entah itu mengenai baju, karir, bisnis, pria idaman dan lain-lain. Untuk tau apakah pakaian itu cocok dengan saya atau tidak, apakah cowok itu cocok dengan saya atau tidak, saya selalu bertanya kepada saya sendiri, “Saya suka dan cocok apa tidak?”, jika jawabannya iya maka akan saya pakai dan lanjut, namun jika tidak, maka tidak akan saya pakai dan tidak akan saya lanjutkan. Ya, follow your heart.

Terkadang kamu bisa saja salah dalam mengambil keputusan misalnya salah pilih kostum di satu acara tertentu atau mungkin kesalahan-kesalahan yang lain. Misalnya salah dalam memilih teman, salah dalam memilih karir, salah pilih pacar atau salah pilih suami 😀

Kesalahan dalam mengambil keputusan yang kita buat sendiri bisa menjadi pelajaran bagi kita untuk lebih hati-hati dan lebih pandai dalam membuat keputusan yang lebih baik di masa mendatang. Selain itu bisa mengasah kemampuan kita sendiri untuk lebih peka dalam memberi penilaian.

Gagal 10 kali, bangkit 11 kali.

Bagi saya puncak kegagalan adalah ketika kita tidak mau mencoba dan berusaha lagi. Saya tidak malu ketika saya gagal. Bagi saya, kegagalan adalah bukti bahwa saya pernah mencoba. Kegagalan adalah batu loncatan untuk menuju kesuksesan.

Mengenali diri sendiri adalah kekuatan  

Apakah kamu tau siapa dirimu?

Hal-hal apa saja yang penting dalam hidupmu?

Apa tujuan hidupmu?

Apakah kamu tau apa saja kelebihan dan kelemahanmu?

Apa passionmu?

Pekerjaan apa yang paling kamu sukai?

Apa yang kamu suka dan yang tidak kamu suka?

Apa saja yang bisa kamu terima dan tidak bisa kamu terima dalam hidupmu?

Apa batasan-batasan yang kamu tetapkan untuk dirimu?

Orang-orang seperti apa yang bisa kamu jadikan sebagai teman dan pasangan hidup?

Apakah saat ini kamu bahagia? Jika iya, apa saja yang membuatmu bahagia? Jika tidak, apa saja yang membuatmu tidak bahagia? Bagaimana kamu akan mengubahnya?

Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu membuat saya sering menganalisa diri saya sendiri & akhirnya saya begitu mengenali diri saya. Kebalikan dari kebiasaan orang yang suka bergosip, mereka lebih suka menganalisa orang lain daripada dirinya sendiri. Saya harap semoga kamu tidak suka bergosip ya, karena menggosipkan orang lain akan membuat diri kamu sendiri yang jelek di mata orang lain. Karena apa yang keluar dari mulutmu, merupakan cermin dari hati dan pikiranmu. Orang yang hati dan pikirannya baik, akan mengeluarkan kata-kata yang baik pula.

Dengan mengenali diri sendiri juga akan memberikan kekuatan, contohnya saya jadi tidak mudah bingung dalam menentukan sesuatu dan juga tidak mudah bosan dalam mengerjakan sesuatu hal karena saya melakukan hal-hal yang menjadi passion saya. Nilai plusnya dalam mempelajari diri sendiri, saya juga jadi mudah untuk menggali informasi tentang orang lain.

5 Kutipan favorit yang mengubah hidupku. Click To Tweet

5 Kutipan favorit itu yang mengubah hidupku. Menjadi pedoman sehari-hari dan selalu memberikan inspirasi dan motivasi. Sebetulnya masih banyak lagi kutipan favorit saya yang lain, namun kali ini saya hanya share 5 saja ya.

Apakah kamu juga punya kutipan favorit sebagai sumber inspirasi yang mengubah hidupmu? Share di kolom komentar.

Selain itu jika artikel ini bermanfaat please share ke teman-teman kamu because sharing is caring.

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Dengan membangun blog & bisnis online, saya memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.


Esther Ariesta-Rantanen

  • dWi

    Follow your heart…setuju banget nih mbak. Apalagi pas hamil kmrn, kalo semua semua dengerin apa kata orang. Kita nggak akan menikmati kehamilan iu sendiri, so listen to your body.

    Quote favoritku QS 2:216 mbak…kebetulan ngena banget. “…Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

    • Hai mbak Dwi, congrats for your new baby born! Thanks for sharing your quote yach mbak 🙂

  • Latif fika

    Setiap orang ternyata punya quotes yang bikin dia bangkitvya mba. Saya setahun lalu dengan post partum depresion saya menemukan quote yang saya tanamkan dalam2 sampai kapanpun dan itu work banget. Alhamdulillah… Anyway, saya suka kegigihannya mba Esther, patut diacungi jempol

    • Iya betul mbak Latif, karena kata-kata bisa mengubahkan pikiran kita. Salam kenal yach mbak 🙂

  • Rina Susanti

    Dimana ada kemauan di situ ada jalan, ibu sy sering blng begitu dalam versi bahasa sunda mun keuyeung tangtu pareng. Dan sm seperti mba ester sy bisa kuliah krn qoute itu, awalnya ga kebayang bisa kuliah secara hitungan ekonomi keluarga tdk memungkinkan .

    • Hebat mbak Rina. Nice to know kalau kita punya quote yang sama 🙂

error: The content is protected !!