3 Cara membuat resolusi tahun baru

December 30, 2015

Apakah kamu membuat resolusi tahun baru tahun ini?

Banyak orang tidak membuatnya lagi dan bahkan ada yang tidak percaya jika resolusi tahun baru itu berfungsi!

Beberapa orang berfikir begitu karena dia tahu bahwa tahun ini akan sama dengan tahun lalu, jika begitu kenapa repot-repot membuat resolusi tahun baru jika akan selalu sama setiap tahun?

Banyak orang keliru membuat resolusi tahun baru. Mereka membuat daftar hal-hal yang tidak mereka inginkan misalnya :

saya tidak ingin merokok lagi.

saya tidak akan terlambat lagi.

saya tidak akan mengkonsumsi alkohol lagi. Dll.

daftar hal-hal yang tidak dinginkan ini dinamakan resolusi, tetapi daftar ini tidak terlalu menginspirasi diri kita untuk berubah. Karena itu untuk membuat resolusi tahun baru diperlukan 3 hal yang utama, yaitu :

  1. Visi yang sangat jelas.

Visi ini harus kamu ciptakan sendiri. Visi adalah hal yang sangat kamu impikan sampai-sampai membuat kamu tidak bisa tidur di malam hari dan membuat kamu bangun pagi-pagi hanya karena ingin mewujudkan visimu menjadi nyata.

2. Alasan yang kuat.

Visimu harus didukung dengan alasan yang sangat kuat sehingga alasan-alasan  ini yang akan memberikanmu kekuatan ketika permasalahan dan tantangan datang dalam perjalanan mewujudkan visimu. Alasan ini bisa negatif dan positif. Misalnya, kalau aku tidak melakukan ini maka kerugian inilah yang akan aku terima tapi jika aku melakukannya maka keuntungan-keuntungan inilah yang akan aku dapatkan.

3. Review dan rasakanlah setiap hari.

Setiap hari kamu harus mereview visimu, apakah setiap hari kamu sudah melakukan hal-hal yang bisa membawamu kepada mimpi dan visimu?

Sebagai contoh : Jika visimu ingin memiliki tubuh yang sehat, bugar dan berpostur ideal, maka yang harus kamu lakukan secara rutin adalah olah raga. Menjaga makanan yang kamu konsumsi setiap hari.  Selain itu kamu juga harus merasakan setiap hari bahwa perubahan itu sudah terjadi dan akan terjadi di dirimu sehingga hal itu akan terus memotivasi dirimu untuk terus maju dan meraih visimu.

Jika kita berbicara tentang resolusi tahun baru maka sebetulnya hal ini adalah tentang menaikkan standard hidup kita. Kuncinya ada pada tiga hal yang sudah saya sebutkan di atas.

 

Esther Ariesta-Rantanen

Hai, saya Esther! Dengan membangun blog & bisnis online, saya memiliki kebebasan waktu untuk melakukan hal-hal yang saya sukai & menghabiskan waktu bersama dengan orang-orang yang saya cintai. Lewat blog ini, saya berbagi tips & pengalaman saya tentang blogging, bisnis online, personal development, relationships & traveling. Saat ini saya tinggal di Finlandia bersama suami tercinta.


Esther Ariesta-Rantanen

error: The content is protected !!